Ayo Daftar Mudik Gratis dari Pemprov DKI Jakarta

Berita Kawasan

Ayo Daftar Mudik Gratis dari Pemprov DKI Jakarta

Bulan Ramadan akan datang sebentar lagi dan jika sudah memasuki bulan puasa maka tidak sedikit yang sudah bersiap untuk pulang ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di Jakarta, banyak pendatang yang sudah berburu tiket baik kereta atau pesawat untuk mudik Lebaran sejak tiga bulan sebelum Lebaran. Nah, bagi pemudik yang biasa menggunakan bus mulai tanggal 28 April 2019 sudah dibuka pendaftaran untuk mudik gratis.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memfasilitasi angkutan mudik gratis. Angkutan mudik yang diberikan untuk pemudik Lebaran 2019 meliputi keberangkatan dan kembali ke Jakarta dengan kuota 16.578 orang dan 7.020 sepeda motor sebagaimana dilansir beritajakarta.id (29/4/2019).

[Baca Juga: Jelang Ramadan Ketahanan Pangan Dimonitoring TPID-DKI]

Angkutan mudik gratis ini disediakan untuk tujuan ke 10 daerah, yakni Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang sebagaimana dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko.

Masyarakat yang berminat menggunakan angkutan mudik gratis bisa melakukan pendaftaran secara online melalui laman mudikgratis.jakarta.go.id. Jika sudah melakukan registrasi online, pendaftar akan menerima kode booking yang harus diverifikasi untuk mendapatkan tiket elektronik selambat-lambatnya lima hari kerja.

[Baca Juga: Stok Beras Warga Jakarta Aman Hingga Lebaran]

Pendaftar yang ingin melakukan verifikasi bisa mendatangi Kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta, atau pun Kantor Suku Dinas Perhubungan yang ada di lima wilayah kota. Pendaftar diwajibkan membawa KTP atau Kartu Keluarga, dan STNK bagi yang membawa sepeda motor untuk diangkut truk yang juga disediakan dalam rangka mudik gratis Lebaran 2019.

Sigit menjelaskan, Pemprov DKI sengaja memfasilitasi pemudik untuk menggunakan angkutan Lebaran agar bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas karena penggunaan sepeda motor. Sehingga, pihaknya memberikan fasilitas secara keseluruhan, baik orang maupun sepeda motor. "Kami menyiapkan truk-truk untuk mengangkut sepeda motor para pemudik," ujarnya.

[Baca Juga: Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia]

Dia menambahkan, peserta mudik gratis bisa didapatkan setiap warga yang beralamat di Jakarta, Rencananya, peserta mudik gratis akan diberangkatkan pada 30 Mei 2019 secara serentak dari kawasan Monas. Sedangkan untuk perjalanan kembali ke Jakarta diberikan fasilitas melalui terminal di 10 kota yang telah disebutkan pada pukul 07.00 di tanggal 8 Juni 2019.

Dijelaskan Sigit, ketika kembali ke Jakarta maka peserta mudik akan ditujukan ke beberapa terminal kawasan Jakarta Timur, yakni Terminal Terpadu Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gadung.

Bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan mudik gratis ini, segera daftar agar tidak kehabisan kuota.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.