Ayo Ikut Lomba Esai dan Komik Si Pitung

Pendidikan

Ayo Ikut Lomba Esai dan Komik Si Pitung!

Si Pitung merupakan tokoh Betawi yang dikenal sebagai jawara. Kisahnya telah dinarasikan dalam berbagai macam bentuk, mulai dari komik, cerita dongeng anak-anak, hingga film layar lebar. Demi melestarikan kisa si Pitung, Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan Lomba Esai Populer dan Komik Strip bertemakan Si Pitung Dalam Ragam Ahli Wahana.

Kepala UP Museum Kebaharian Jakarta Husnison Nizar mengatakan, pendaftaran tidak dipungut biaya dengan waktu pendaftaran 1-15 Oktober 2019 dan pengumpulan karya mulai 3-15 Oktober 2019. "Lomba ini terbuka untuk pelajar dan mahasiswa yang berdomisili di Jabodetabek. Peserta lomba merupakan individu," ujar Nizar seperti dilansir dari beritajakarta.id (7/10/2019).

Ayo Ikut Lomba Esai dan Komik Si Pitung

Nizar menjelaskan, bagi calon peserta dapat mendaftarkan diri di http://bit.ly/daftarlombamuseumbahari. Sedangkan, untuk peraturan dan format lomba dapat dilihat di http://bit.ly/ketentuanlombamuseumbahari. "Karya dari peserta akan dikurasi oleh tim penilai atau juri. Sepuluh karya terbaik akan diundang ke Museum Bahari untuk presentasi karya pada 20 Oktober 2019 mendatang," terangnya. Museum ini terletak di Jl. Ps. Ikan No.1, Penjaringan, Jakarta Utara. UP Museum Kebaharian Jakarta ini juga membina tiga lokasi yaitu, Museum Bahari, Rumah Si Pitung di Marunda, dan Taman Arkeologi Pulau Onrust.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Siap Sambut Lomba Sekolah Adiwiyata]

Dalam lomba tersebut akan ada tiga juri dengan latar belakang sejarah, IT, dan marketing. Karya peserta lomba dipilih 10 terbaik untuk dipresentasikan. "Juri akan menentukan karya lima terbaik karya yang layak mendapatkan hadiah," ungkapnya.

Menurutnya, selain Lomba Esai Populer dan Komik Strip juga dilaksanakan dua kegiatan lain bertemakan Pitung yakni, pameran temporer dan lokakarya di Museum Bahari pada bulan Oktober ini. "Rencananya pameran kami buka tanggal 13 Oktober, pameran kita sendiri yang mengadakan," ucapnya.

[Baca Juga: Festival Teater Jakarta Timur Meriah dengan 12 Peserta]

Nizar berharap, dengan serangkaian kegiatan tersebut, tokoh Pitung dan Rumah Si Pitung makin dikenal masyarakat. Sehingga, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Rumah Si Pitung. Ini upaya promosi tentang Rumah Si Pitung dan mengenalkan tokoh Betawi Pitung. Seminar juga kita angkat tentang Pitung," tandasnya.

Pitung dikenal sebagai jawara yang dipandang sebagai bandit oleh pemerintah Kolonial Belanda. Ia diketahui sebagai pencuri yang mengambil harta orang-orang kaya serta orang Belanda yang tinggal di area Batavia dan Ommelanden. Namun setelah ia berhasil mencuri, Si Pitung membagikan hasil curiannya tersebut kepada warga Pribumi. Karena itulah, ia dipandang sebagai “Robin Hood” Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.