ads
Ayo Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang

Kesehatan

Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang

Setiap orang tentu ingat dengan konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Ya, konsep ini menerapkan komposisi makanan sehat yang mengandung empat nutrisi utama yakni makanan pokok (nasi), lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu.

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang gizi di Indonesia serta masalah dan tantangan yang dihadapi, usaha mempromosikan kesehatan memerlukan pembaruan dan adaptasi, termasuk dalam hal pedoman makanan.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang]

Konsep 4 Sehat 5 Sempura kemudian diperbarui menjadi 10 Pesan Gizi Seimbang yang secara ringkas mengandung empat pilar utama yaitu mengkonsumsi makanan beragam, penerapan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan normal.

Mengutip dari laman Siloam Hospitals (25/1/2019), berikut ini 10 Pesan Gizi Seimbang.

  1. Syukuri dan Nikmati Aneka Ragam Makanan. Tersedianya ragam jenis pangan, salah satu cara mensyukuri hal ini adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis pangan dalam sekali makan (makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan).
  2. Banyak Makan Sayuran dan Cukup Buah-Buahan. Sayur dan buah merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari dan berperan untuk mencegah beragam penyakit.
  3. Konsumsi Lauk Pauk Berprotein Tinggi. Ada dua jenis protein, yakni hewani yang bersumber dari hewan dan nabati yang bersumber dari tumbuhan. Jika dikonsumsi sesuai porsi yang dianjurkan, maka kedua jenis protein ini dapat memberikan manfaat bagi tubuh.
  4. Konsumsi Aneka Ragam Makanan Pokok. Selain nasi, beberapa sumber makanan pokok dapat menjadi pilihan seperti jenis umbi-umbian, roti, jagung, dan lain-lain.
  5. Batasi Konsumsi Pangan Manis, Asin, dan Berlemak. Makanan menjadi kebutuhan untuk mejaga kesehatan tubuh. Namun jika porsinya berlebihan, justru bisa memicu penyakit. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari empat sendok makan gula, satu sendok teh garam, dan lima sendok makan minyak per harinya.
  6. Biasakan Sarapan Pagi Sebelum Aktivitas. Sarapan yang kaya karbohidrat merupakan sumber energi prima bagi otak yang berdampak pada kesehatan fisik dan mental yang baik. Emosi pun biasanya menjadi stabil.
  7. Minum Air Putih yang Cukup dan Bersih. Dengan minum banyak air putih, tubuh dapat terhindar dari dehidrasi dan memiliki banyak tenaga. Penuhi kebutuhan air dengan mengkonsumsi setidaknya dua liter air per harinya.
  8. Baca Label pada Kemasan Pangan. Membaca lebel makanan kemasan penting untuk mengetahui bahan yang digunakan, kandungan gizi, serta tanggal kadarluwarsa. Selain itu, bisa juga mengatur asupan gizi, terutama gula, garam, dan lemak.
  9. Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Bersih Mengalir. Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang menjadi media masuknya kuman dan mikroba penyebab penyakit ke dalam mulut, hidung, dan lainnya. Mencuci tangan dengan sabun adalah kegiatan yang sangat dianjurkan untuk mencegah kuman dan bakteri berpindah tempat atau masuk ke dalam tubuh.
  10. Olahraga Teratur dan Pertahankan Berat Badan Normal. Melakukan olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu pilar gizi seimbang. Melakukan olahraga secara teratur akan membantu tubuh menciptakan keseimbangan antara energi yang didapat dengan energi ayng dikeluarkan. Biasakan olahraga minimal 30 menit setiap hari atau tiga sampai lima hari dalam satu minggu.

[Baca Juga: Warga Semper Barat Berhasil Tuntaskan Kasus Gizi Kurang]

Pemenuhan gizi yang baik dan seimbang akan meningkatkan kesehatan. Untuk itu, mari mulai menerapkan 10 Pesan Gizi Seimbang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit serta meningkatkan produktivitas tubuh.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads