turbin ventilator_2.jpg

Properti dan Solusi

Ayo Kenali Fungsi Turbin Ventilator!

Turbin ventilator adalah penghisap debu seperti exhaust fan atau roof fan. Selain menghisap debu, turbin ventilator juga membantu untuk mengeluarkan asap dari dalam rumah dan menghembuskannya ke luar. Meskipun turbin ventilator banyak digunakan pada pabrik untuk mengurangi debu dan asap di dalam bangunan, tidak sedikit juga masyarakat yang memasang turbin ventilator di rumah.

Ayo Kenali Fungsi Turbin Ventilator!

Istilah turbin ventilator mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Alat ini berbentuk seperti kubah dengan sirip melingkar yang biasanya diletakkan di atap rumah atau bangunan. Tujuannya selain menghisap debu, mengeluarkan asap, juga membantu proses sirkulasi udara di rumah atau bangunan. Selain itu, turbin ventilator juga bekerja secara otomatis karena tidak memakai tenaga listrik, bebas perawatan, dan dapat bekerja selama 24 jam sehingga jauh lebih efisien dibandingkan dengan exhaust fan dan roof fan.

Ayo Kenali Fungsi Turbin Ventilator!

Turbin ventilator selain memiliki fungsi menyerap debu, kotoran, dan asap di dalam rumah, mempunyai sejumlah fungsi lainnya. Fungsi lainnya ini membuat rumah menjadi lebih bersih dan lebih nyaman ditinggali. Tidak bisa dipungkiri memang, area di dalam rumah bisa terpapar debu dan kotoran. Debu biasanya menempel pada furnitur rumah seperti lemari, meja, dan lainnya. Jika dibiarkan terus menerus, debu bisa mengganggu proses pernapasan. Hal ini bisa dibantu dengan turbin ventilator yang menghisap debu dan asap yang ada di dalam rumah.

[Baca Juga: Mahasiswa Unnes Manfaatkan Pelepah Pisang untuk Pembuatan Genteng]

Turbin ventilator memungkinkan adanya pertukaran udara karena mampu berputar hanya dengan hembusan angin, sekalipun tidak ada angin. Turbin ventilator juga mampu menahan angin yang kecepatan tinggi. Perputaran turbin ventilator ini menyebabkan adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan. Turbin yang selalu berputar kemudian menghisap udara panas, sehingga tekanan dan aliran udara panas di dalam rumah menghilang.

[Baca Juga: The Twins House, Solusi Desain Rumah Kecil yang Menarik]

Ayo Kenali Fungsi Turbin Ventilator!

Selain itu, turbin ventilator mudah dipasang pada hunian. Tidak melulu harus di tengah atap, turbin ventilator juga bisa dipasang di bagian pinggir atap rumah atau sisi lainnya. Meski begitu, pemasangannya tidak boleh sembarangan. Turbin ventilator harus bertumpu pada rangka atap dan diikat dengan sekrup agar kuat dan kokoh.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.