Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional

Pendidikan

Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional

Melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca Tulis Tingkat Nasional.

Kegiatan yang berlangsung pada 8-14 April 2019 lalu ini bertujuan untuk menghasilkan instruktur literasi baca tulis tingkat nasional yang andal dan mampu memberikan pelatihan literasi baca tulis kepada fasilitator literasi baca tulis di tingkat regional.

Dalam kegiatan tersebut, peserta dibekali pemahaman dan pelatihan tentang literasi baca tulis baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, pemahaman berbagai macam jenis teks dan menulis kreatif, dan berlatih bernalar aras tinggi (BAT).

[Baca Juga: Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia Dukung Program Gerakan Literasi]

Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar megatakan, pemerintah punya peranan penting dalam upaya membangun pendidikan karakter bangsa. Oleh karenanya, pemerintah bersama masyarakat harus ikut ambil bagian dalam Gerakan Literasi Nasional.

“Hal ini untuk menciptakan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berorientasi pada penumbuhan budi pekerti,” katanya di Jakarta seperti dikutip dari laman Kemendikbud (8/4/2019).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 ayat 5 menyatakan, bahwa upaya mencerdaskan bangsa dilakukan melalui pengembangan budaya baca, tulis, dan hitung bagi segenap masyarakat.

[Baca Juga: Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi]

Dalam rangka itu pula, pada 18 Agustus 2015 silam Kemendikbud meluncurkan gerakan penumbuhan budaya baca tulis bertajuk gerakan Literasi Sekolah dengan tema Bahas Penumbuh Budi Pekerti.

Gerakan tersebut merupakan implementasi Peraturan Mendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Peraturan ini menginisiasi kegiatan membaca bagi siswa selama 15 menit sebelum masuk ke kegiatan belajar mengajar. Hal ini merupakan bagian penting penumbuhan budaya literasi.

"Jadi, kegiatan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca-Tulis Tingkat Nasional ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan bimbingan teknis literasi baca-tulis yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud," sambung Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Gufran Ali Ibrahim.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.