Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional

Pendidikan

Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional

Melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca Tulis Tingkat Nasional.

Kegiatan yang berlangsung pada 8-14 April 2019 lalu ini bertujuan untuk menghasilkan instruktur literasi baca tulis tingkat nasional yang andal dan mampu memberikan pelatihan literasi baca tulis kepada fasilitator literasi baca tulis di tingkat regional.

Dalam kegiatan tersebut, peserta dibekali pemahaman dan pelatihan tentang literasi baca tulis baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, pemahaman berbagai macam jenis teks dan menulis kreatif, dan berlatih bernalar aras tinggi (BAT).

[Baca Juga: Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia Dukung Program Gerakan Literasi]

Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar megatakan, pemerintah punya peranan penting dalam upaya membangun pendidikan karakter bangsa. Oleh karenanya, pemerintah bersama masyarakat harus ikut ambil bagian dalam Gerakan Literasi Nasional.

“Hal ini untuk menciptakan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berorientasi pada penumbuhan budi pekerti,” katanya di Jakarta seperti dikutip dari laman Kemendikbud (8/4/2019).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 ayat 5 menyatakan, bahwa upaya mencerdaskan bangsa dilakukan melalui pengembangan budaya baca, tulis, dan hitung bagi segenap masyarakat.

[Baca Juga: Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi]

Dalam rangka itu pula, pada 18 Agustus 2015 silam Kemendikbud meluncurkan gerakan penumbuhan budaya baca tulis bertajuk gerakan Literasi Sekolah dengan tema Bahas Penumbuh Budi Pekerti.

Gerakan tersebut merupakan implementasi Peraturan Mendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Peraturan ini menginisiasi kegiatan membaca bagi siswa selama 15 menit sebelum masuk ke kegiatan belajar mengajar. Hal ini merupakan bagian penting penumbuhan budaya literasi.

"Jadi, kegiatan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca-Tulis Tingkat Nasional ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan bimbingan teknis literasi baca-tulis yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud," sambung Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Gufran Ali Ibrahim.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]

Read More

Artikel Lainnya

Selain Serum, Mengapa Double Cleansing Diperlukan

Kecantikan dan Fashion

Selain Serum, Mengapa Double Cleansing Diperlukan?

16 November 2019, 15:00

Anda rutin menggunakan serum? Pastikan Anda rutin mencuci muka. Namun, jangan dengan sabun biasa, karena tidak cukup mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Anda perlu melakukan double cleansing.

Petopia, Pet shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis

Bisnis

Petopia, Pet Shop yang Rawat Kucing Jalanan Agar Siap Diadopsi Gratis

16 November 2019, 14:00

Bagi para pecinta kucing, di pet shop Petopia Pasar Minggu, ada kucing lokal yang dirawat sehingga siap diadopsi secara gratis.

Kenang Memori Lama, McDonald's Adakan 40 Tahun Mainan Happy Meal 3 (FILEminimizer).jpg

Berita Kawasan

Terbit Kenangan Lama di Pameran HUT Ke-40 Happy Meal dari McDonald's

16 November 2019, 13:00

Saksikan pameran mainan McDonald's sepanjang empat dekade di 40th Anniversarry of Happy Meal Exhibition, Kelapa Gading.

Mengenal Kelezatan Tauco dan Berbagai Jenis Olahannya

Kuliner

Mengenal Kelezatan Tauco dan Berbagai Jenis Olahannya

16 November 2019, 12:00

Tauco menjadi bumbu masakan yang memiliki cita rasa yang khas. Tak hanya itu, aromanya pun khas sehingga tak jarang membuat selera orang tergugah untuk menyantapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.