Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional

Pendidikan

Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional

Melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca Tulis Tingkat Nasional.

Kegiatan yang berlangsung pada 8-14 April 2019 lalu ini bertujuan untuk menghasilkan instruktur literasi baca tulis tingkat nasional yang andal dan mampu memberikan pelatihan literasi baca tulis kepada fasilitator literasi baca tulis di tingkat regional.

Dalam kegiatan tersebut, peserta dibekali pemahaman dan pelatihan tentang literasi baca tulis baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, pemahaman berbagai macam jenis teks dan menulis kreatif, dan berlatih bernalar aras tinggi (BAT).

[Baca Juga: Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia Dukung Program Gerakan Literasi]

Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar megatakan, pemerintah punya peranan penting dalam upaya membangun pendidikan karakter bangsa. Oleh karenanya, pemerintah bersama masyarakat harus ikut ambil bagian dalam Gerakan Literasi Nasional.

“Hal ini untuk menciptakan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berorientasi pada penumbuhan budi pekerti,” katanya di Jakarta seperti dikutip dari laman Kemendikbud (8/4/2019).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 ayat 5 menyatakan, bahwa upaya mencerdaskan bangsa dilakukan melalui pengembangan budaya baca, tulis, dan hitung bagi segenap masyarakat.

[Baca Juga: Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi]

Dalam rangka itu pula, pada 18 Agustus 2015 silam Kemendikbud meluncurkan gerakan penumbuhan budaya baca tulis bertajuk gerakan Literasi Sekolah dengan tema Bahas Penumbuh Budi Pekerti.

Gerakan tersebut merupakan implementasi Peraturan Mendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Peraturan ini menginisiasi kegiatan membaca bagi siswa selama 15 menit sebelum masuk ke kegiatan belajar mengajar. Hal ini merupakan bagian penting penumbuhan budaya literasi.

"Jadi, kegiatan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca-Tulis Tingkat Nasional ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan bimbingan teknis literasi baca-tulis yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud," sambung Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Gufran Ali Ibrahim.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.