Bagaimana Cara Mengatasi Anak Ketergantungan Gadget

Pendidikan

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Ketergantungan Gadget

Zaman modern sekarang ini dimana teknologi sudah maju, gadget menjadi salah satu kebutuhan untuk media komunikasi yang memiliki fitur yang canggih. Dengan gadget Anda dapat melakukan apa saja dengan mudah seperti, sarana komunikasi, menonton, games, foto, dan bahkan mengontrol remot televisi. Selain mudah digunakan, gadget juga bisa memberikan edukasi. Menggunakan gadget tidak baik secara terus-menerus, karena radiasi bahaya bagi kesehatan. Tak hanya itu, manusia bisa sibuk sendiri sehingga menjadi antisosial.

Gadget sering kali dijadikan senjata orangtua untuk membuat anaknya betah dan tidak rewel. Sayangnya, bermain gadget terlalu sering akan membuatnya ketergantungan. Ketergantungan alat canggih ini jangan dibiarkan, karena akan berdampak buruk untuk anak.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Ketergantungan Gadget

Tanda-tanda anak yang ketergantungan gadget seperti, tidak mau melakukan aktivitas, sulit diajak bicara, sering membantah, marah saat tidak diizinkan main gadget, dan suka bohong. Adapun bahayanya adalah mengganggu pertumbuhan otak, kurang tidur, agresif, ketergantungan, mengganggu proses belajar, dan susah fokus.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Mengetahui efek buruk tersebut, orang tua penting untuk mengatasi anak yang sudah ketergantungan gadget. Memang tidak mudah, namun jika dilakukan dengan benar usaha anda untuk mengatasi anak ketergantungan gadget akan membuahkan hasil. Dilansir dari Bidanku.com, berikut kutipan PingPoint.co.id tentang bagaimana cara mengatasi anak yang ketergantungan gadget:

  • Jadilah Contoh yang Baik

Anak belajar dari lingkungan, jika Anda tidak mau anak Anda main gadget terus-terusan, Anda harus memberikan contoh yang baik. Jika Anda melarang anak Anda main gadget terus-menerus, tetapi Anda tetap sibuk dengan gadget Anda, maka hasilnya percuma.

  • Perbanyak Aktivitas Tanpa Gadget

Jauhkan gadget dari jangkauan anak-anak. Sebaiknya tingkatkan aktivitas anak di dalam atau di luar rumah. Karena dengan cara ini perhatian anak akan teralihkan dari gadget. Anda bisa membelikan mainan kesukaannya, membiarkan ia main bersama dengan temannya, dan Anda juga bisa bermain dengannya sambil memberikan edukasi.

  • Batasi Penggunaan Gadget

Anda dapat mengatur waktu anak bermain gadget untuk membantu membatasinya dengan gadget. Hindari menyimpan gadget dengan sembarangan karena anak bisa mengambilnya dengan mudah.

  • Bersikap Tegas

Salah satu akibat dari kecanduan gadget yaitu dapat membuat anak tantrum. Keadaan ini memang sulit dihadapi. Namun, meskipun begitu Anda tetap harus tegas untuk menerapkan peraturan pada anak dalam membatasi waktu penggunaan gadget. Anda jangan iba dengan rengekan atau tangisan anak yang ingin terus bermain gadget. Cara mengurangi waktu bermain gadget pada anak jangan mendadak namun dilakukan dengan perlahan.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

  • Ajak Anak Sosialisasi dengan Temannya

Anda dapat mengundang teman-temannnya ke rumah atau bisa mengajaknya berkunjung ke rumah temannya. Jika anak memiliki banyak teman, maka ia akan disibukkan dengan teman-temannya. Dorong mereka untuk bermain dengan aktif seperti petak umpet, main bola dan lain sebagiannya.

  • Berikan Reward

Anak akan merasa senang jika usahanya dihargai oleh orang-orang terdekatnya. Anda dapat memberikan hadiah berupa pelukan, ciuman sayang saat ia berhasil mengurangi frekuensi bermain gadget.

  • Diskusikan dengan Anak

Jelaskan maksud dan tujuan Anda mengapa melarang atau menyuruh anak untuk membatasi penggunaan gadget. Anda juga dapat memberikannya pemahaman tentang dampak buruk yang akan ditimbulkan jika ia terus menerus bermain gadget, dengan begitu anak akan paham.

  • Ajak Anak Mengenal Alam

Jalan-jalan biasanya sangat disukai anak-anak. Anda bisa mengajak anak jalan-jalan saat sore hari. Ajak anak untuk menikmati pemandangan indah di sekitar rumah anda. Dengan cara ini sekaligus dapat mengenalkan anak pada alam atau lingkungannya.

Penting untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak dengan segera. Meskipun tidak mudah, anda tetap harus sabar menghadapinya. Dengan beberapa cara atau tips di atas, semoga dapat membantu Anda untuk mengatasi anak Anda yang ketergantungan gadget.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.