ads
Menentukan Harga Barang Garage Sale.jpg

Garage Sale

Bagaimana Menentukan Harga Barang untuk Garage Sale?

Tidak mudah menjual barang yang sudah tak terpakai lagi dengan mengadakan garage sale. Anda akan sulit menawarkan harga jual lebih tinggi dari barang baru, meskipun bila barang kualitas masih baik. Kecuali barang tersebut sifatnya untuk koleksi dan tergolong langka atau banyak dicari.

Langkah pertama dalam menentukan harga barang adalah dengan bertanya pada diri sendiri, “Apa motivasi Anda dalam menjual barang ini?” Bila tujuannya ingin mendapatkan uang, cobalah jual dengan harga tinggi untuk semua barang yang dijual. Anda akan mendapatkan uang yang banyak dengan cara tersebut. Tetapi pilihan ini bisa menimbulkan risiko barang yang tidak terjual, karena pembeli menilai harga jual yang Anda tawarkan terlalu tinggi.

Namun, bila tujuannya untuk menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai, jangan memasang harga yang mahal, tapi kumpulkanlah sebanyak-banyaknya barang yang sudah tak terpakai untuk dijual dengan harga murah. Bila barang milik Anda tidak terlalu banyak, ajak teman dan tetangga untuk ikut berjualan di lokasi yang sama.

[Baca Juga: Selayang Pandang Mengenai Garage Sale]

Jika tujuannya untuk mendapatkan uang dan menjual barang, tentukan harga di pertengahan yang memungkinkan terjual dengan keuntungan yang cukup dan barang berhasil terjual semua.

Setelah mendapatkan tujuan garage sale, berilah harga sesuai tujuan yang sudah dijelaskan di atas. Selain iti, ada beberapa tips untuk menentukan harga di garage sale.

  1. Memberikan harga potongan 10 sampai 25 persen dari harga asli. Ini akan membantu Anda mengurangi barang-barang yang dijual saat garage sale.
  2. Kondisi barang memengaruhi harga barang Anda. Dengan kondisi barang yang masih bagus, Anda akan mendapatkan uang lebih banyak. Terutama untuk pakaian bayi dan perlengkapan bayi berkualitas.
  3. Tidak ada salahnya, Anda sesekali datang untuk melihat harga garage sale orang lain. Sambil melihat, Anda bisa membandingkan dengan garage sale yang akan Anda buat nanti.
  4. Menandai semua barang dengan harga yang sudah ditentukan saat garage sale, akan memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Adanya harga jual bisa lebih menarik pengunjung untuk membeli barang tersebut.
  5. Akan lebih mudah jika Anda mengelompokkan barang yang sejenis dengan harga yang sama. Misal, Anda akan mengumpulkan semua jenis kaus dengan harga Rp10.000.
  6. Dalam transaksi jual-beli, tawar-menawar tentunya tidak pernah tidak ada. Termasuk dalam garage sale, beri harga tinggi untuk setiap barang yang akan kamu jual agar ketika terjadi tawar-menawar. Harga tidak merosot terlalu jauh.

[Baca Juga: Surganya Barang Bekas Branded dengan Harga Miring]

Itulah beberapa tips mudah untuk menentukan harga barang saat Anda menggelar garage sale. Tanpa disangka akan memberikan Anda banyak keuntungan. Daripada barang Anda yang tidak terpakai disimpan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik dijual dan coba untuk membuat garage sale.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads