Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alamiah yang terjadi di dalam diri setiap orang seiring pertambahan usia. Umumnya, dampak penuaan mudah dilihat dari perubahan kulit seperti kering dan keriput. Namun, proses penuaan terkadang juga terjadi tidak sesuai dengan usianya. Hal ini biasa disebut penuaan dini.

Proses penuaan dini bisa terjadi akibat kebiasaan tidak sehat. Mulai dari kurang tidur, stres, hingga terkena paparan sinar matahari berlebihan. Ada beragam cara untuk atasi maslah tersebut, mulai dari pola hidup sehat hingga konsumsi makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

Perawatan menggunakan bahan alami memberikan hasil yang lebih natural. Selain itu, juga membuat kulit lebih sehat tanpa bahan kimia. Hal ini seperti konsep yang diusung klinik kecantikan Eternel Concept, yang berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ada pula beberapa makanan yang bisa membantu terlihat lebih muda. Berikut makanan tersebut mengutip laman healthline.com (8/1/2019).

Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu lemak sehat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mencegah ragam penyakit umum yang berhubungan dengan penuaan. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu kulit terlihat lebih muda.

Penelitian menunjukkan minyak zaitun memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada kulit dan dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Hampir 73 persen minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh tunggal, yang dikaitkan dengan peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit.

Teh Hijau

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang terbentuk selama metabolisme. Antioksidan mengubah struktur mereka sehingga mereka tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Antioksidan ini juga disebut polifenol, yang dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung. Polifenol ini dapat membantu melindungi kolagen, yang merupakan protein utama di kulit dan dapat mengurangi beberapa tanda penuaan.

Konsumsi Sayuran untuk Kecantikan Kulit

Sayuran

Sayuran sangat padat nutrisi dan rendah kalori. Sayuran mengandung antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, katarak dan kanker. Banyak pula mengandung karoten tinggi seperti beta karoten. Melihat kandungannya, dapat melindungi terhadap radiasi matahari dan radikal bebas, yang keduanya menyebabkan penuaan kulit.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

Dalam sebuah studi, ketika orang diberi 180 mg Vitamin C setiap hari selama empat minggu, aktivitas antioksidan kulit mereka meningkat sebesar 37 persen. Sayuran dengan kandungan Vitamin C tertinggi termasuk sayuran berdaun hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

Dalam studi lain, para peneliti mengukur elastisitas dan kualitas kulit lainnya di lebih dari 700 wanita Jepang. Mereka menemukan bahwa yang makan lebih banyak sayuran hijau dan kuning memiliki lebih sedikit kerutan.

Minyak Biji Rami Baik untuk Kecantikan Kulit

Biji Rami

Biji rami memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Biji rami mengandung lignan yang merupakan kelompok polifenol yang ditemukan pada tumbuhan ini dapat menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan insulin, mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Biji rami juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang melindungi kulit dari radiasi matahari.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda nampak muda, meskipun proses penuaan dalam tubuh tidak bisa dihindari. Hasil akan lebih terasa jika mengonsumsi makanan tersebut secara berkala dan sesuai dengan arahan pihak terkait, seperti dokter kecantikan.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.