Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alamiah yang terjadi di dalam diri setiap orang seiring pertambahan usia. Umumnya, dampak penuaan mudah dilihat dari perubahan kulit seperti kering dan keriput. Namun, proses penuaan terkadang juga terjadi tidak sesuai dengan usianya. Hal ini biasa disebut penuaan dini.

Proses penuaan dini bisa terjadi akibat kebiasaan tidak sehat. Mulai dari kurang tidur, stres, hingga terkena paparan sinar matahari berlebihan. Ada beragam cara untuk atasi maslah tersebut, mulai dari pola hidup sehat hingga konsumsi makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

Perawatan menggunakan bahan alami memberikan hasil yang lebih natural. Selain itu, juga membuat kulit lebih sehat tanpa bahan kimia. Hal ini seperti konsep yang diusung klinik kecantikan Eternel Concept, yang berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ada pula beberapa makanan yang bisa membantu terlihat lebih muda. Berikut makanan tersebut mengutip laman healthline.com (8/1/2019).

Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu lemak sehat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mencegah ragam penyakit umum yang berhubungan dengan penuaan. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu kulit terlihat lebih muda.

Penelitian menunjukkan minyak zaitun memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada kulit dan dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Hampir 73 persen minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh tunggal, yang dikaitkan dengan peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit.

Teh Hijau

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang terbentuk selama metabolisme. Antioksidan mengubah struktur mereka sehingga mereka tidak dapat menyebabkan kerusakan.

Antioksidan ini juga disebut polifenol, yang dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung. Polifenol ini dapat membantu melindungi kolagen, yang merupakan protein utama di kulit dan dapat mengurangi beberapa tanda penuaan.

Konsumsi Sayuran untuk Kecantikan Kulit

Sayuran

Sayuran sangat padat nutrisi dan rendah kalori. Sayuran mengandung antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, katarak dan kanker. Banyak pula mengandung karoten tinggi seperti beta karoten. Melihat kandungannya, dapat melindungi terhadap radiasi matahari dan radikal bebas, yang keduanya menyebabkan penuaan kulit.

[Baca Juga: Poktan Kebayoran Lama Selatan Panen Sayur Sebanyak 149 kg]

Dalam sebuah studi, ketika orang diberi 180 mg Vitamin C setiap hari selama empat minggu, aktivitas antioksidan kulit mereka meningkat sebesar 37 persen. Sayuran dengan kandungan Vitamin C tertinggi termasuk sayuran berdaun hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

Dalam studi lain, para peneliti mengukur elastisitas dan kualitas kulit lainnya di lebih dari 700 wanita Jepang. Mereka menemukan bahwa yang makan lebih banyak sayuran hijau dan kuning memiliki lebih sedikit kerutan.

Minyak Biji Rami Baik untuk Kecantikan Kulit

Biji Rami

Biji rami memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Biji rami mengandung lignan yang merupakan kelompok polifenol yang ditemukan pada tumbuhan ini dapat menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan insulin, mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Biji rami juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang melindungi kulit dari radiasi matahari.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda nampak muda, meskipun proses penuaan dalam tubuh tidak bisa dihindari. Hasil akan lebih terasa jika mengonsumsi makanan tersebut secara berkala dan sesuai dengan arahan pihak terkait, seperti dokter kecantikan.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.