Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

Universitas Padjadjaran (Unpad) pada 17 Januari 2022 kedatangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim di kampus Unpad Bandung. Di mana tujuan utama dari kedatangan Nadiem adalah untuk bertemu langsung dengan sivitas akademika Unpad, khususnya dari sisi mahasiswanya, dengan tujuan membahas bagaimana pengalaman mereka dalam menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM.

Dalam kesempatan itu, Nadiem membahas alasan dibalik penerapan program MBKM di perguruan tinggi Tanah Air yang ia sebut sebagai upaya transformasi. Dari sisi kualitas mahasiswanya, Nadiem ingin Kampus Merdeka dapat mendorong kemampuan presentasi, berdebat, serta berdiskusi para mahasiswa yang dianggap penting dalam mengasah cara berpikir kritis. Kemampuan ini disinyalir akan semakin kuat bila mahasiswa berada di luar kampusnya atau “zona amannya”.

“Karena ketika anda keluar dari kampus, sudah tidak ada lagi pelampung, penyelamat. Adanya itu hiu-hiu, ombak besar, dan cuaca tidak stabil,” ujar mantan Direktur Utama Gojek itu di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (17/1/2022).

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Maha siswa Unpad.jpg

Selain membahas mengenai tujuan digelarnya MBKM, di depan 60 mahasiswa Unpad yang hadir dalam kegiatan ini, Nadiem juga menyampaikan keinginannya untuk mendengarkan langsung bagaimana pengalaman para mahasiswa hingga dosen selama menjalankan program ini. Karena menurutnya, bisa saja interprestasi para mahasiswa terhadap Kampus Merdeka berbeda sehingga bisa menjadi masukan untuk dirinya.

“Saya ke sini untuk mendengar dan mencatat setiap masukan tentang MBKM. Interpretasi tiap mahasiswa bisa berbeda tentang program ini, ada yang mendefinisikan MBKM agar bisa ikut pertukaran pelajar, ada yang menginterpretasikan sebagai program untuk mendapatkan KIP Kuliah yang sekarang diperbesar untuk program studi mahal, bisa bermacam-macam. Tetapi itu semua tetap dalam kerangka Kampus Merdeka,” paparnya.

[Baca Juga: Kerja Sama Unpad dan Kemenkeu, Dukung Program Kampus Merdeka]

Sejumlah mahasiswa pun memberikan pandangan serta pengalaman mereka selama ini dalam menjalankan MKBM. Seperti Yoga Asmara dari Fakultas Hukum Unpad yang mengungkapkan bahwa konsep Kampus Merdeka yang disampaikan Nadiem tidak sesuai konsepnya secara teknis di lapangan. Kemudian ada juga Febria dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Unpad yang membahas pengalamannya dalam mengikuti program IISMA (bagian dari MBKM) di Inggris.

Ia juga mengalami hal yang serupa dengan Yoga terkait MBKM di lapangan yang dirasa berbeda dengan desain yang disampaikan Nadiem. Sekadar infromasi di dalam MBKM terdapat sejumlah variasi program yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari mulai Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesia Studen Mobility Awards (IISMA), microcredential, sampai program wirausaha.

Mendengar berbagai masukan serta pertanyaan tersebut, Nadiem merasa ini merupakan umpan balik yang baik. Karena mahasiswa merupakan elemen yang penting dalam keberlangsungan MBKM di perguruan tinggi, jika memang ternyata responsnya baik maka program ini siap lebih dikembangkan lagi. Mendikbudristek mengakui bahwa proses administratif merupakan salah satu tantangan utama dalam program MBKM tapi ia yakin bahwa program ini dapat membantu lulusan perguruan tinggi dapat lebih relevan ketika mereka terjun ke dunia kerja.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.