Bahas RUU Omnibus Law, Ganjar Duduk Bersama KSPI Jawa Tengah .jpg

Bisnis

Bahas Omnibus Law UU Ciptaker, Ganjar Duduk Bersama KSPI Jawa Tengah

Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) Omnibus Law pada pekan lalu telah memicu gelombang unjuk rasa yang terjadi di berbagai wilayah Tanah Air dan tak sedikit yang berakhir anarkis. Salah satu sosok pemimpin yang menjadi buah bibir warganet dalam merespons unjuk rasa ini adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Karena ia sempat menemui demonstrans yang diamankan di Mapolrestabes Semarang dan mengajak bicara mereka untuk mempertanyakan apa yang ditentang dari UU ini. Hal serupa pun kembali dilakukannya pada akhir pekan kemarin.

Pertemuan pada 11 Oktover 2020 digelar di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah di Kota Semarang dengan menggundang perwakilan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI Jawa Tengah. Dalam momen itu, ia ingin berdialog dengan pihak KSPI sekaligus menyerahkan draft UU Omnibus Law. Menurutnya, hal ini penting karena para pekerja di Jawa Tengah harus membaca UU tersebut mencermati sekaligus menelitinya.

Bahas RUU Omnibus Law, Ganjar Duduk Bersama KSPI Jawa Tengah.jpg

Jika sudah dipahami secara detail maka KSPI bisa menyuarakan apa saja yang ditentang dari UU Ciptaker Omnibus Law. “Silahkan nanti mau melakukan judicial review atau memberikan pendapat, atau mengisi ruang dari RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) atau Perpres (Peraturan Presiden),” ujar orang nomor satu di Jawa Tengah itu, sebagaimana dikutip dari jatengprov.go.id (11/10/2020).

Dari sisi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sendiri, menurut Ganjar, sudah menyiapkan posko khusus yang siap menerima tampungan masukan dari semua pihak mengenai UU Ciptaker Omnibus Law. Di posko ini juga akan ada petugas dari Dinas Tenaga Kerja Jawa Tengah yang juga dapat memberikan konsultasi terkait aduan mengenai UU ini. “Silahkan nanti Disnaker akan memberi pendampingan apa yang akan diadukan, atau ada pendapat terkait UU Cipta Kerja ini,” sambung Ganjar Pranowo.

[Baca Juga: Ini Alasan 92 Akademisi Menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja]

Kemudian terkait unjuk rasa untuk menentang UU Ciptaker Omnibus Law, Gubernur Jawa Tengah sebenarnya tak melarangnya. Namun ia tetap menekankan bahwa saat ini pandemi COVID-19 masih membayangi sehingga kalau bisa jangan membuat kerumunan yang berpotensi memicu penyebaran penyakit akibat virus Corona itu. Sehingga ada baiknya metode duduk bersama antara pekerja dan Pemprov Jawa Tengah dilakukan untuk membahas UU ini.

DPD KPSI Jawa Tengah Suhartoyo mengapresiasi langkah dari Ganjar Pranowo yang langsung menyerahkan draft UU Ciptaker Omnibus Law sekaligus memberikan mereka ruang untuk menyuarakan pendapatnya. Di mana ia tak menyangkal penentangan sebenarnya dipicu oleh disinformasi. “Kita kan belum tahu isinya seperti apa, jadi hari ini kita ingin tahu dari dialog kali ini. Karena berita yang beredar simpang siur,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Larisa 11 months, 2 weeks lalu
    larisa

    Bosan di rumah karena pandemi covid-19 Keuangan anda berkurang karena di potong gaji <a href="https://bola165a.com/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> solusi untuk anda semua Buruan gabung bersama kami dan menangkan hadiahnya !!! Banyak promo menarik untuk anda semua Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!!