Bahas Perluasan Wilayah, Pemkot Bogor Gandeng IPB

Berita Kawasan

Bahas Perluasan Wilayah, Pemkot Bogor Gandeng IPB

Rencana perluasan wilayah Kota Bogor semakin gencar dibahas beberapa waktu ini. Awalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan meminta beberapa wilayah Kabupaten Bogor untuk masuk ke wilayah Kota Hujan. Saat ini, rencana tersebut menjadi polemik usai muncul wacana mengenai dibentuknya Provinsi Bogor Raya.

Wacana ini dicetuskan Wali Kota Bogor Bima Arya usai Presiden Joko Widodo menyampaikan rencananya memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur. Demi membahas rencana perluasan wilayah ini, Pemkot Bogor pun melakukan kajian bersama Institut Pertanian Bogor (IPB).

Bahas Perluasan Wilayah, Pemkot Bogor Gandeng IPB

Bila sesuai wacana, Provinsi Bogor Raya yang disinggung Bima Arya akan memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari rencana awal Pemkot Bogor terkait perluasan wilayahnya. Pasalnya, tak hanya Kabupaten Bogor, tapi Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Depok, Cianjur, Subang, dan Karawang juga turut masuk dalam wacana tersebut.

Demi mengulas wacana serta rencana perluasan wilayah tersebut, Pemkot Bogor pun akhirnya memutuskan dibutuhkan kajian akademis. Oleh karena itulah pada 25 Agustus 2019, Bima Arya bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melakukan pertemuan dengan Rektor IPB Arif Satria dan Kepala Pusat Pengkajian Pengembangan Wilayah IPB Ernan Rustadi di Gedung Sekolah Bisnis IPB.

[Baca Juga: Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten]

Pertemuan ini disambut positif Rektor IPB yang menjelaskan bahwa pengkajian ini dicanangkan Bima Arya. Arif mengatakan, pertemuan antara IPB serta Pemkot Bogor ini dalam rangka untuk berkoordinasi mengenai langkah apa saja yang akan diambil terkait pengembangan wilayah Kota Bogor serta Jabodetabek.

“Ternyata isu ini merupakan turunan dari isu besar tentang pemindahan ibu kota negara (dari Jakarta ke Kalimantan),” ucap Arif, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (27/8/2019). Menurutnya, pengkajian ini merupakan langkah yang baik demi mengantisipasi masalah dalam bidang ekonomi, ekologis, lingkungan, dan demografis.

“Jadi intinya IPB menerima tawaran dari Pemkot (Bogor) untuk melakukan kajian akademik berkaitan isu Jabodetabek ini. Tim akan segera kami bentuk dan kami akan terus berkoordinasi dengan Pemkot dan juga Pemkab (Pemerintah Kabupaten Bogor) paling tidak pada bulan Desember sudah ada beberapa hasil (kajian),” tambah Rektor IPB itu.

[Baca Juga: Rencana Perluasan Wilayah Kota Bogor Disambut Positif Warga]

Pada pertemuan itu, Bima Arya menyebut, tidak menyangka isu pengembangan wilayah Kota Bogor yang sempat muncul di forum Kepala Daerah se-Jawa Barat yang kala itu dibahas Dedie A Rachim di depan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi polemik di publik. Ia merasa wacana ini diarahkan kepada isu politik yang sebenarnya hanya mengenai peningkatan Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

“Saya melihat bahwa isu ini kemudian direduksi lebih ke arah aspek politis, seolah-olah Kota Bogor mengajukan proposal pembentukan Provinsi Bogor Raya. Padahal konteksnya adalah Kota Bogor mengantisipasi masa depan, menghitung potensi kenaikan dan lingkungan stagnan PAD di masa depan karena BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) yang akan jenuh, luas wilayah yang tidak akan bertambah. Itu yang harus kita antisipasi,” tambah Bima Arya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.