Bahas Virus Corona, Pemkot Jakarta Timur Kunjungi Institusi Pendidikan

Pendidikan

Bahas Virus Corona, Pemkot Jakarta Timur Kunjungi Institusi Pendidikan

Dalam rangka memberikan edukasi mengenai informasi Virus Corona yang menimbulkan penyakit COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menargetkan institusi pendidikan untuk diberikan sosialisasi. Dari mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi dikunjungi dalam rangka memberikan informasi mengenai virus yang saat ini sudah setidaknya ada 19 pasien yang terjangkit. Salah satu sosialisasi tersebut digelar pada 9 Maret 2020 di SD Negeri Ciracas 10, SMK Negeri 40 Jakarta, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Di SD Negeri Ciracas 10, sosialisais mengenai virus Corona digelar atas kerjasama Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (UPAS) di Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati. Pada kegiatan ini, pihak UPAS membahas mengenai penggunaan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan kepada para siswa-siswi SD dalam rangka sanitasi mencegah COVID-19Pemkab Bekasi Laporkan COVID-19 Lewat Video Conference Call.

Bahas Virus Corona, Pemkot Jakarta Timur Kunjungi Institusi Pendidikan

Untuk semakin memudahkan, pihak UPAS ternyata telah menyediakan hand sanitizer di sekitar 176 bus sekolah gratis yang dioperaskan di wilayah Ibu Kota. Bahkan untuk semakin melengkapnya, di ratusan bus sekolah itu juga ada video yang diputar setiap saat mengenai informasi virus Corona serta pencegahannya.

Kemudian sosialisasi lainnya digelar di SMK Negeri 40 Jakarta di Kecamatan Matraman. Kegiatan ini diadakan atas kerjasama Puskesmas Kelurahan Utan Kayu Utara, Suku Pendidikan Jakarta Timur serta SMK Negeri 40 Jakarta. Di mana dalam sosialisasi ini, para siswa bisa berdialog langsung dengan petugas puskesmas terkait hal-hal yang berhubungan dengan virus Corona serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Laporkan COVID-19 Lewat Video Conference Call]

Menurut Kepala SMK Negeri 40 Jakarta Desly Wahyuni, kegiatan yang diikuti sekitar 598 siswa-siswi ini sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19). Pihaknya sendiri sudah menambahkan hand sanitizer demi meningkatkan sanitasi dari warga sekolah.

“Secara internal untuk sarana prasarana cuci tangan sudah ada wastafel. Kini ditambang dengan hand sanitzer yang disiapkan di depan kelas,” ungkap Kepala SMK Negeri 40 Jakarta, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (9/3/2020).

[Baca Juga: Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum]

Lalu sosialisasi untuk perguruan tinggi, baru-baru ini digelar Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur di Aula Puskabangkor UNJ. Di mana setidaknya ada sekitar 100 peserta yang hadir yang terdiri dari mahasiswa serta dosen dari Program Studi Olahraga.

Menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudin Kesehatan Jakarta Timur Komarunisa, sosialisasi memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada para mahasiswa terkait virus Corona. Dengan penegasan agar mereka tidak boleh panik serta memahami gejalanya bagi yang terjangkit dan cara penularannya. “Sosiaslisasi PHBS terutama cuci tangan pakai sabun dan etika batuk kepada sekitar kita,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.