Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Kesehatan

Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Bau mulut kerap menjadi persoalan yang dihadapi sebagian orang yang sedang berpuasa. Itu dikarenakan ketika berpuasa, produksi air liur dalam mulut berkurang akibat tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal, air liur berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri buruk dan virus yang masuk melalui mulut.

Alhasil, rongga mulut yang kering itu pun menjadi tempat bagi bakteri buruk dalam lidah, gigi dan mulut untuk berkembang biak dan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

[Baca Juga: 8 Cara Efektif Atasi Bau Mulut]

Beragam cara pun bisa dilakukan untuk mengurangi bau mulut. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bahkan tak jarang selain menggosok gigi, orang-orang juga memilih untuk berkumur menggunakan obat kumur.

Tidak salah memang, tapi beberapa pakar menganjurkan untuk tidak terlalu sering berkumur menggunakan obat kumur. Mengapa? Karena penggunaan obat kumur berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes dibandingkan orang-orang yang tidak menggunakan obat kumur.

Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nitric Oxide menemukan, orang yang menggunakan obat kumur (tanpa resep dokter) 2 kali dalam sehari, memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk terkena diabetes atau prediabetes.

Seperti yang kita tahu, penggunaan obat kumur sendiri untuk membunuh bakteri jahat di dalam mulut. Namun sayangnya, sebagian besar bahan antibakteri dalam obat kumur itu tidak selektif.

Artinya, mereka tidak menargetkan bakteri mulut spesifik, sehingga berbagai bakteri baik di mulut yang memiliki peran penting dalam tubuh malah bisa ikut terbunuh. Jika sudah seperti itu, maka bakteri berbahaya dapat muncul untuk menggantikan bakteri baik tersebut.

[Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan]

Padahal menurut Profesor Epidemiologi Kaumudi Joshipura dari Harvard School of Public Health, bakteri baik yang ada di dalam mulut tersebut dapat berfungsi untuk memproduksi oksida nitrat (NO) yang berperan penting dalam mengoptimalkan produksi insulin dalam tubuh manusia untuk mengontrol kadar gula darah.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya hindari penggunaan obat kumur tanpa resep dari dokter. Kalaupun merasa perlu menggunakan obat kumur, lebih baik batasi penggunaannya paling tidak 1 kali saja dalam sehari.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.