Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Kesehatan

Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Bau mulut kerap menjadi persoalan yang dihadapi sebagian orang yang sedang berpuasa. Itu dikarenakan ketika berpuasa, produksi air liur dalam mulut berkurang akibat tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal, air liur berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri buruk dan virus yang masuk melalui mulut.

Alhasil, rongga mulut yang kering itu pun menjadi tempat bagi bakteri buruk dalam lidah, gigi dan mulut untuk berkembang biak dan menimbulkan bau mulut yang kurang sedap.

[Baca Juga: 8 Cara Efektif Atasi Bau Mulut]

Beragam cara pun bisa dilakukan untuk mengurangi bau mulut. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bahkan tak jarang selain menggosok gigi, orang-orang juga memilih untuk berkumur menggunakan obat kumur.

Tidak salah memang, tapi beberapa pakar menganjurkan untuk tidak terlalu sering berkumur menggunakan obat kumur. Mengapa? Karena penggunaan obat kumur berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes dibandingkan orang-orang yang tidak menggunakan obat kumur.

Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nitric Oxide menemukan, orang yang menggunakan obat kumur (tanpa resep dokter) 2 kali dalam sehari, memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk terkena diabetes atau prediabetes.

Seperti yang kita tahu, penggunaan obat kumur sendiri untuk membunuh bakteri jahat di dalam mulut. Namun sayangnya, sebagian besar bahan antibakteri dalam obat kumur itu tidak selektif.

Artinya, mereka tidak menargetkan bakteri mulut spesifik, sehingga berbagai bakteri baik di mulut yang memiliki peran penting dalam tubuh malah bisa ikut terbunuh. Jika sudah seperti itu, maka bakteri berbahaya dapat muncul untuk menggantikan bakteri baik tersebut.

[Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan]

Padahal menurut Profesor Epidemiologi Kaumudi Joshipura dari Harvard School of Public Health, bakteri baik yang ada di dalam mulut tersebut dapat berfungsi untuk memproduksi oksida nitrat (NO) yang berperan penting dalam mengoptimalkan produksi insulin dalam tubuh manusia untuk mengontrol kadar gula darah.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya hindari penggunaan obat kumur tanpa resep dari dokter. Kalaupun merasa perlu menggunakan obat kumur, lebih baik batasi penggunaannya paling tidak 1 kali saja dalam sehari.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.