Bahaya Kebanyakan Konsumsi Jus Buah

Kesehatan

Bahaya Kebanyakan Konsumsi Jus Buah

Mengonsumsi buah itu baik dan menyehatkan. Membuat jus buah adalah cara yang cepat dan praktis untuk diminum. Namun, tahukah Anda jus buah yang biasa Anda buat dirumah mengandung terlalu banyak gula yang membuat tubuh menjadi rusak? Seperti dilansir bbcgoodfood.com (18/11/2019).

Menurut Dr Robert Lustig, pakar obesitas AS dan penulis Fat Chance: The Bitter Truth About Sugar, jus buah lebih buruk daripada minuman bersoda. Saat buah dibuat jadi jus, Anda akan kehilangan serat yang tidak larut, yang merupakan nutrisi penting dan membantu menunda penyerapan gula.

Bahaya Kebanyakan Konsumsi Jus Buah

Tubuh Anda membutuhkan serat, tapi bila Anda membuat jus justru akan melepaskan gula dalam buah serta dapat menghilangkan serat yang tidak larut. Sebagian besar gula dalam buah adalah fruktosa. Misalnya saja buah Apel yang memiliki fruktosa dengan jumlah yang tidak membahayakan bagi tubuh, karena bila dimakan secara utuh maka Anda memakannya bersama dengan kandungan serat pada apel. Serat tersebut berguna untuk memperlambat penyerapan fruktosa pada tubuh.

Masalah dengan Gigi

Mengonsumsi jus buah dapat merusak enamel gigi Anda karena di dalam jus buah terdapat asam, dan gula. Ada cara aman membuat jus buah yang tidak akan menimbulkan masalah penyakit.

  • Pilih 100 persen jus buah tanpa tambahan gula.
  • Jus buah melembutkan email gigi yang melindungi gigi dari kerusakan, jadi tunggu satu jam setelah minum sebelum menyikat gigi. Ini akan memberi waktu enamel untuk mengeras.
  • Hindari air yang beraroma, karena buah juga mengandung banyak gula.
  • Jangan pernah minum jus dari botol, atau memberi jus pada anak-anak kecil dalam botol, karena bisa membuat gigi rusak.
  • Minumlah jus buah yang sangat cair dengan air.

[Baca Juga: Gula Bukan Hanya Pemanis, Ini 6 Manfaat Gula untuk Rumah Anda]

Beberapa ahli mengatakan bahwa minum fruktosa dalam bentuk cair menghentikan hati melakukan tugasnya dengan benar, yang terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe-2 dan peningkatan produksi lemak, termasuk di hati itu sendiri.

Para ahli juga berpendapat bahwa fruktosa dapat memengaruhi otak untuk berpikir bahwa masih lapar yang menyebabkan makan secara berlebihan.

[Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Gula yang Harus Dihindari Demi Cegah Obesitas]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.