Bahaya Kebanyakan Konsumsi Jus Buah

Kesehatan

Bahaya Kebanyakan Konsumsi Jus Buah

Mengonsumsi buah itu baik dan menyehatkan. Membuat jus buah adalah cara yang cepat dan praktis untuk diminum. Namun, tahukah Anda jus buah yang biasa Anda buat dirumah mengandung terlalu banyak gula yang membuat tubuh menjadi rusak? Seperti dilansir bbcgoodfood.com (18/11/2019).

Menurut Dr Robert Lustig, pakar obesitas AS dan penulis Fat Chance: The Bitter Truth About Sugar, jus buah lebih buruk daripada minuman bersoda. Saat buah dibuat jadi jus, Anda akan kehilangan serat yang tidak larut, yang merupakan nutrisi penting dan membantu menunda penyerapan gula.

Bahaya Kebanyakan Konsumsi Jus Buah

Tubuh Anda membutuhkan serat, tapi bila Anda membuat jus justru akan melepaskan gula dalam buah serta dapat menghilangkan serat yang tidak larut. Sebagian besar gula dalam buah adalah fruktosa. Misalnya saja buah Apel yang memiliki fruktosa dengan jumlah yang tidak membahayakan bagi tubuh, karena bila dimakan secara utuh maka Anda memakannya bersama dengan kandungan serat pada apel. Serat tersebut berguna untuk memperlambat penyerapan fruktosa pada tubuh.

Masalah dengan Gigi

Mengonsumsi jus buah dapat merusak enamel gigi Anda karena di dalam jus buah terdapat asam, dan gula. Ada cara aman membuat jus buah yang tidak akan menimbulkan masalah penyakit.

  • Pilih 100 persen jus buah tanpa tambahan gula.
  • Jus buah melembutkan email gigi yang melindungi gigi dari kerusakan, jadi tunggu satu jam setelah minum sebelum menyikat gigi. Ini akan memberi waktu enamel untuk mengeras.
  • Hindari air yang beraroma, karena buah juga mengandung banyak gula.
  • Jangan pernah minum jus dari botol, atau memberi jus pada anak-anak kecil dalam botol, karena bisa membuat gigi rusak.
  • Minumlah jus buah yang sangat cair dengan air.

[Baca Juga: Gula Bukan Hanya Pemanis, Ini 6 Manfaat Gula untuk Rumah Anda]

Beberapa ahli mengatakan bahwa minum fruktosa dalam bentuk cair menghentikan hati melakukan tugasnya dengan benar, yang terkait dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe-2 dan peningkatan produksi lemak, termasuk di hati itu sendiri.

Para ahli juga berpendapat bahwa fruktosa dapat memengaruhi otak untuk berpikir bahwa masih lapar yang menyebabkan makan secara berlebihan.

[Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Gula yang Harus Dihindari Demi Cegah Obesitas]


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.