Baik atau Buruk? Ini Pengaruh Menyetel Musik Saat Menyetir

Kesehatan

Baik atau Buruk? Ini Pengaruh Menyetel Musik Saat Menyetir

Saat Anda menyetir dan terjebak dengan kemacetan, biasanya rentan untuk mengalami stres. Dan banyak hal lainnya saat di jalan yang menyebabkan jantung berdetak lebih kencang dan tekanan darah Anda bisa tinggi. Melansir laman healthline.com (13/12/2019), Asisten Profesor Kardiologi di Zucker School of Medicine di Hofstra, Northwell Satjit Bhusri memahami konsep penyakit jantung yang disebabkan stres. Penyakit ini dikenal sebagai broken heart syndrome.

Broken heart syndrome atau takotsubo cardiomyopathy, adalah suatu kondisi yang dapat dipicu oleh stres atau emosi yang ekstrem. Kadang-kadang juga bisa disebabkan oleh penyakit atau operasi. Selama episode broken heart syndrome, sebagian jantung sementara tidak dapat memompa secara normal. Orang yang memiliki broken heart syndrome mengalami gejala yang mirip dengan serangan jantung, seperti nyeri dada. Namun, kondisi ini dapat diobati. Biasanya jantung kembali normal dalam beberapa hari atau minggu.

Ini Pengaruh Menyetel Musik Saat Menyetir

Para peneliti telah menemukan, mendengarkan musik saat menyetir bisa mengurangi efek stres. Sebuah penelitian dari Complementary Therapies in Medicine, menunjukkan bagaimana musik dapat meringankan stres. Dan, para peneliti melihat data dari monitor detak jantung seorang perempuan. Mereka menemukan variabilitas detak jantung lebih besar ketika para wanita menyetir sambil mendengarkan musik mereka terasa lebih santai.

Musik dengan alunan yang ringan membuat seseorang dalam keadaan yang lebih santai. Seperti musik instrumental yang dapat memberikan efek obat antihipertensi. Jadi, ketika Anda stres hal terbaik yang Anda bisa lakukan agar lebih rileks adalah dengan mendengarkan musik klasik atau instrumental yang alunan musiknya ringan dan menenangkan.

[Baca Juga: Tips Menjaga Konsentrasi Mengemudi Saat Mudik]

Selain mendengarkan musik yang menenangkan, ada hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres Anda.

  • Waspada lalu lintas
  • Cobalah teknik pernapasan untuk mengurangi kecemasan Anda
  • Berlatih mengelola emosi ketika menyetir di dalam situasi yang menyebabkan Anda mudah cemas untuk membangun kepercayaan diri Anda
  • Ketika stres menghantam, lakukan beberapa peregangan leher atau punggung untuk relaks diri
  • Tunda panggilan dan SMS hingga tiba di tujuan dengan selamat bila itu yang menyebabkan Anda merasa stres atau terganggu

[Baca Juga: Pelatihan Mengemudi SIM A Kembali Diadakan di Jakarta Selatan]

Nah, satu hal yang perlu terus diingat, tetap utamakan keselamatan saat berkendara. Jika mendengarkan musik malah mengganggu konsentrasi, sebaiknya jangan dilakukan.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.