Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di Hari Kemerdekaan

Berita Kawasan

Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di 17an

Permainan Bakiak sangat populer di masyarakat. Apalagi, jika ada perlombaan 17an di hari Kemerdekaan Republik Indonesia, permainan bakiak akan jadi salah satu perlombaan yang hampir selalu digelar di setiap wilayah, terutama di kawasan DKI Jakarta. Tapi, tahukah Anda jika dulunya permainan ini adalah permainan yang dilahirkan dari Sumatera Barat. Di sana, permainan tradisional langganan 17 Agustusan ini dikenal dengan nama terompah atau terompa galuak. Sementara, untuk sebutan bakiak sebenarnya lebih dikenal masyarakat Pulau Jawa sebagaimana dilansir cintanegeri.com (7/6/2018).

Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di Hari Kemerdekaan

Permainan tradisional bakiak memiliki alat permainan berupa kayu panjang seperti seluncur es yang dihaluskan dan diberi beberapa selop (pengait kedua kaki) di atasnya. Biasanya, selop di atas kayu berjumlah dua sampai lima dengan menggunakan karet ban. Itu pun menentukan jumlah pemainnya. Jika ada tiga selop di atas bakiak panjang, maka hanya tiga orang yang bisa memainkannya.

[Baca Juga: Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan]

Melansir laman budayajawa.id (30/7/2019), sepasang bakiak panjang yang biasa dimainkan untuk 2-5 orang ini biasanya berukuran lebar 10 cm dengan ketebalan 2,5 cm. Jarak antara selop atau pengait kedua kaki yang satu dengan lainnya berjarak sekitar 40 cm. Sedangkan, panjang karet sebagai pengait kaki disesuaikan dengan lingkar kaki. Pengait kaki ini dipaku dengan kuat di kedua sisi kayu.

Bakiak atau terompah panjang dimainkan dengan mengadu kecepatan serta kekompakan untuk mencapai garis finish. Permainan bakiak atau terompah panjang ini memiliki nilai afektif, kognitif, dan psikomotor. Nilai afektif yang dimaksud adalah ketika pemain serius dalam bermain dan melaksanakan tugas dengan baik dan benar. Sementara nilai kognitif tercermin dari pemahaman pemain dalam permainan dan mengerti aturan mainnya. Sedangkan, nilai psikomotor dilihat dari pemain yang hadir dan menaati peraturan dalam permainan.

[Baca Juga: Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang]

Permainan tradisional bakiak ini biasanya dilakukan di area datar dan luas, seperti lapangan, stadion atau jalanan. Saat ada perlombaan bakiak di peringatan hari Kemerdekaan, biasanya sudah disediakan garis start dan garis finish. Menjelang perayaan 17an di hari Kemerdekaan, apakah Anda sudah menyiapkan lomba?


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.