Bamus Usulkan Perbaikan Rumah Singgah Si Pitung

Berita Kawasan

Bamus Usulkan Perbaikan Rumah Singgah Si Pitung

Rumah Singgah Pitung merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang harusnya dikembangkan dengan baik. Dikatakan rumah singgah bagi si Pitung karena tidak ditinggali dalam waktu lama. Singgahnya si Pitung juga masih menjadi teka-teki. Apakah si Pitung mau merampok, bersembunyi, atau memang berteman dengan rumah pemilik asli yang bernama Haji Safrudin.

Rumah Singgah Pitung berada di Marunda, Jakarta Utara. Rumah tersebut didominasi warna cokelat yang terletak di tengah kompleks dengan berbentuk rumah panggung yang memiliki beberapa ruangan. Kompleks rumah tokoh legendaris Budaya Betawi tersebut terdiri dari tiga bangunan, yaitu toilet, musala, serta kios tempat berdagang yang nampak belum terisi.

[Baca Juga: Wisata Rumah Tokoh Legendaris Betawi di Kampung Marunda]

Saat memasuki rumah Si Pitung, pengunjung akan melihat ruang tamu. Lalu bisa melihat kamar tidur dengan menggunakan kelambu. Namun sayang, di dalam rumah si Pitung tidak banyak koleksi atau peninggalannya yang disimpan di rumah tersebut. Padahal rumah tersebut satu-satunya jejak sejarah si Pitung.

Oleh karena itu, Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) yang diketuai Abraham Lunggana mengusulkan adanya perbaikan Rumah singgah si Pitung saat melakukan audiensi dengan pejabat Pemkot Jakarta Utara pada 5 Agustus 2019. Melansir laman beritajakarta.id (06/08/2019), pertemuan yang dilakukan antara Basmus dengan Pemkot Jakarta Utara tidak hanya membahas rumah singgah si Pitung, namun yang menyangkut kebudayaan Betawi juga dibahas. “Semua destinasi yang menyangkut kebudayaan Betawi menjadi bagian pokok pikiran Bamus Betawi untuk dibahas,” ujar pria yang akrab disapa Haji Lulung ini.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Wacanakan Marunda Kepu Jadi Lokasi Wisata]

Saat ini, rumah singgah si Pitung dikenakan biaya masuk sebesar Rp1.500 untuk rombongan pelajar dan Rp5.000 untuk dewasa. Basmus menyarankan agar rumah singgah si Pitung tak hanya diperbaiki tapi untuk tiket masuknya juga digratiskan. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak warga yang mau berkunjung dan lebih mengenal budaya Betawi.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau menyambut baik audiensi yang diinisiasi Bamus Betawi ini. Apalagi dengan tujuan pertemuan dalam rangka peningkatan pelestarian kebudayaan Betawi yang berada di Jakarta Utara. “Kita menyambut baik, apalagi dalam upaya peningkatan program kebudayaan Betawi yang ada di Jakarta Utara,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.