Bandel Tidak Pakai Masker di Kota Batu, KTP akan Disita Petu

Berita Kawasan

Bandel Tidak Pakai Masker di Kota Batu, KTP akan Disita Petugas

Setelah diberlakukan PSBB yang hanya satu putaran saja, Malang Raya beralih ke masa transisi menuju new normal. Selama masa transisi ini, terdapat beberapa poin penting untuk dievaluasi di antaranya terdapat aspek epidemologi yang menjadi salah satu syarat penerapan kenormalan baru apabila indeks penularan virus COVID-19 di bawah angka 1. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan khusus.

Melansir laman malangpostonline.com (09/06/2020) Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Batu, M Chori menjelaskan, evaluasi masa transisi juga dinilai dari aspek perilaku masyarakat. Dari aspek ini masih menemukan masyarakat yang belum disiplin mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan tidak memakai masker atau pakai masker kalau ada petugas saja. “Terutama di pasar tradisional masih banyak dijumpai yang tidak pakai masker baik penjual maupun pembeli. Masih banyak yang pakai masker tetapi tidak sampai menutup hidung dan mulut dengan alasan sulit bernapas,'' ucap M. Chori.

Jelang PSBB Malang Raya, Ini Lokasi Pos yang Dijaga Ketat

Selain itu, masih banyak dijumpai masyarakat memakai masker kurang bersih atau masker medis yang dipakai berulang. Selain itu masih dijumpai sebagian masyarakat yang belum menerapkan penjarakan fisik atau physical distancing dalam berinteraksi dengan yang lain.

Kemudian masih terjadi transaksi manual terutama di pasar tradisional dan tempat parkir. Ini membuat terjadi kontak fisik, apalagi dengan tidak dilengkapi dengan sarung tangan membuat kondisi ini berpotensi terjadi penularan. Serta ada juga yang masih dijumpai masyarakat yang cara mencuci tangan kurang sesuai dengan standar.

[Baca Juga: Sebelum New Normal, Malang Raya Siapkan Masa Transisi 7 Hari]

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso MM mengatakan, sampai saat ini masih belum ada sanksi yang diberikan terhadap pelaggar aturan. Hanya berupa sosialisasi dan teguran. Namun dari tanggal 8 Juni sudah mulai diberlakukan sanksi bagi yang melanggar sesuai Perwali Kota Batu Nomor 56 tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam status transisi darurat ke pemulihan.

"Bagi yang tidak pakai masker KTPnya akan disita. Nantinya akan berimbas bagi pelanggar tidak bisa mengurus SIM, SKCK atau lainnya. Untuk berapa lama penyitaan KTP akan dinilai oleh Tim Cipta Kondisi," bebernya.

Dirinya berharap, warga Kota Batu dapat mengikuti aturan yang telah diterapkan selama perpanjangan masa transisi. Jika tidak, PSBB bisa saja diberlakukan kembali. Apalagi jika terdapat penambahan signifikan pasien positif Covid-19 di Kota Batu.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.