Bandung Raya Baru Baru Akan Berlakukan PSBB 22 April

Berita Kawasan

Bandung Raya Baru Baru Akan Berlakukan PSBB 22 April

Jika wilayah di Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi), Jawa Barat resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu, 15 April 2020, wilayah Bandung dan sekitarnya masih harus menunggu waktu. Pasalnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil baru mengajukan PSBB Bandung Raya kepada pemerintah pusat pada hari ini.

Hal itu setelah lima kepala daerah di Bandung Raya, meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Sumedang sepakat untuk menerapkan PSBB di wilayahnya masing-masing. Otomatis, penerapan kebijakan PSBB di wilayah Bandung Raya baru akan terlaksana pada Rabu, 22 April 2020 mendatang.

[Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan Bantuan Tunai Bagi Warga Terdampak COVID-19]

"Disepakati, kalau (pengajuan PSBB) disetujui di akhir pekan seperti kemarin kaya Bodebek oleh Kementerian Kesehatan, maka PSBB Bandung Raya kemungkinan akan dimulai di hari Rabu dini hari tanggal 22 April, dengan pola perlakuan dan strategi yang sama seperti penerapan PSBB di Bodebek," ucap Emil.

Emil mengatakan, PSBB memiliki dampak positif yang sangat besar terhadap pemberantasan COVID-19. Terlebih, ada payung hukum yang dapat memberikan sanksi dan denda kepada para pelanggar yang tidak mematuhi aturan.

Bandung Raya Baru Baru Akan Berlakukan PSBB 22 April

Meski begitu, Emil pun menekankan kepada para kepala daerah untuk memastikan beberapa hal, terutama bantuan logistik untuk masyarakat. Hal itu supaya dampak sosial dan ekonomi akibat PSBB bisa tertangani.

Sementara itu, Kota Bandung yang merupakan wilayah dengan kasus COVID-19 kedua terbesar di Jawa Barat setelah Kota Depok ini menyambut positif pemberlakuan PSBB di wilayahnya. Sebab menurut Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Kota Bandung sangat membutuhkan pelaksanaan PSBB karena tren jumlah orang terinfeksi semakin tinggi dan penyebarannya pun semakin meluas.

[Baca Juga: MUI Kota Bandung Keluarkan Imbauan Beribadah di Tengah Pandemi]

Oded pun mengaku selalu berkoordinasi dengan gubernur dan kepala daerah lain seperti dengan Wali Kota Cimahi, Bupati Sumedang, Bupati Bandung, dan juga Bupati Bandung Barat terkait pemberlakuan PSBB di wilayah Bandung Raya. Pemkot Bandung kata Oded juga telah menyiapkan jaring pengaman sosial sebagai bantuan kepada warga yang terdampak COVID-19.

Untuk diketahui sampai dengan Rabu, 15 April 2020 siang, tercatat jumlah kasus COVID-19 di Kota Bandung telah mencapai 67 kasus. Dari jumlah itu, 19 orang dinyatakan meninggal dunia sedangkan 5 orang dinyatakan sembuh.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.