Bandung Raya Siap 100 Persen Laksanakan PSBB

Berita Kawasan

Bandung Raya Siap 100 Persen Laksanakan PSBB

Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang bersiap melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu, 22 April 2020. Sejumlah petugas dari berbagai elemen mulai dari TNI, Polri dan juga Dinas Perhubungan pun mulai memetakan beberapa titik pemeriksaan di sejumlah wilayah di Bandung Raya.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan, total ada sebanyak 4.497 personel gabungan yang akan dikerahkan untuk berjaga di 97 titik pemeriksaan selama berlangsungnya PSBB di wilayah Bandung Raya.

[Baca Juga: Ini ke-24 Titik Penyekatan di Kota Bandung Selama Pemberlakuan PSBB]

"Dan menyiapkan pos cek poin (titik pemeriksaan), keseluruhan ada 97 cek poin di lima kabupaten dan kota kawasan Bandung Raya," kata Erlangga.

Erlangga menjelaskan bahwa nantinya ribuan petugas tersebut akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kendaraan baik yang keluar ataupun yang masuk ke wilayah Bandung Raya dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Beberapa hal yang akan dilakukan para petugas adalah pengecekan suhu tubuh, pemeriksaan penggunaan masker, kemudian pemeriksaan jumlah penumpang yang kapasitasnya harus dibatasi sesuai Peraturan Wali Kota atau Peraturan Gubernur.

Bandung Raya Siap 100 Persen Laksanakan PSBB

Terkait hal tersebut, Erlangga mengaku telah melakukan sosilaisasi kepada masyarakat melalui setiap polres yang ada di daerah. Hal itu dilakukan agar pemberlakuan sanksi yang tertuang dalam peraturan kepala daerah bisa berjalan baik.

“Untuk sanksi masih kita berikan secara persuasif dan humanis dengan memberikan teguran kemudian yang berikutnya kita memberikan teguran dalam bentuk blangko teguran," tegasnya.

Persiapan Sudah 100 Persen

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa persiapan pemberlakuan PSBB di wilayah Bandung Raya telah mencapai 100 persen. Selain aparat yang telah siap berjaga di titik pemeriksaan, pihaknya pun mulai menyalurkan bantuan sosial senilai Rp 500 ribu kepada para warga miskin yang terdampak pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Sejumlah Larangan Saat PSBB Diterapkan di Bandung Raya]

Pemberlakuan PSBB Bandung Raya juga akan disertai dengan pengadaan rapid diagnostic test (RDT) masif. Sebab menurut Emil, tes masif ini dapat menunjang keberhasilan PSBB Bandung Raya dengan cara memutus rantai penularan, merawat dan mengobati penderita COVID-19.

“Karena kami punya kapasitas melompat dari 140 sampel per hari menjadi 2.000 sampel per hari, maka tes swab ini akan kita intensifkan di zona PSBB di 10 kota/kabupaten,” terang Emil.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.