Bangkit dari Pandemi, Mitra UMKM Amartha Disebut Raih Peningkatan Pendapatan.jpg

Bisnis

Bangkit dari Pandemi, Mitra UMKM Amartha Disebut Raih Peningkatan Pendapatan

Para pekan ini, PT Amartha Mikro Fintek alias Amartha mengeluarkan laporan tahunan terkait bagaimana dampak bisnis yang dijalankan oleh perusahaan fintech khususnya dari sisi ekonomi, lingkungan, dan sosial. Di mana laporan tersebut bernama Amartha Sustainability Report untuk periode tahun 2021 dan ini menjadi bagian dari komitmen Amartha untuk menunjukan bahwa bisnis yang mereka jalanan memang sejalan dengan prinsip SDG alias Sustainable Development Goals. Berdasarkan laporan ini, kesejahteran para ibu mitra UMKM Amartha di tahun lalu berhasil meningkat hingga bisa bangkit dari efek pandemi COVID-19.

Dampak yang positif dari penyaluran dana terhadap ibu-ibu mitra Amartha yang berasal dari berbagai wilayah di Tanah Air bisa dilihat dari peningkatan pendapatan. Di mana tak sedikit dari mitra pada Sustainability Report 2021 Amartha disebut mengalami pendapatan hingga 38 persen bila dibandingkan sebelumnya. Pihak Amartha mengungkapkan bahwa peningkatan pendapatan ini tak hanya berkat modal yang disalurkan semata tapi juga melalui berbagai edukasi mengenai teknologi serta literasi keuangan.

Bangkit dari Pandemi, Mitra UMKM Amartha Disebut Raih Peningkatan Pendapata n.jpg

“Peningkatan skala usaha dan pendapatan harus diiringi dengan kemampuan dalam mengelola keuangan. Oleh sebab itu, Amartha juga konsisten memberikan edukasi literasi keuangan bagi mitra kami,” ujar Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (9/11/2022).

“Edukasi literasi keuangan ini meliputi pendidikan tentang pentingnya mencatat arus kas, membiasakan diri untuk menabung, serta literasi untuk memanfaatkan platform digital dalam mengakses layanan keuangan. Tanpa adanya edukasi, UMKM akan kesulitan memisahkan arus kas usaha dan pribadi, sehingga sulit mengembangkan usahanya,” sambungnya.

[Baca Juga: Amartha Catat Penyaluran Modal UMKM Capai Rp3 Triliun]

Tak hanya membantu ibu mitra yang sudah memiliki usaha, penyaluran modal ini disebut Amartha juga telah membantu menciptakan 130 ribu UMKM baru. Selain itu dalam Sustainability Report 2021, penyaluran modal Amartha juga turut memicu ibu-ibu mitra terus mengembangkan usahanya hingga membutuhkan tenaga kerja baru dan di tahun 2021 ada lebih dari 271 ribu lapangan kerja informal yang terbentuk berkat hal ini. Penciptaan sektor lapangan kerja informal ini disebut Amartha lebih baik dibandingkan tahun 2020 dengan peningkatan sekitar 29 persen. Dari sisi omzetnya sendiri, ada sekitar 90 ribu usaha ultra mikro yang berhasil meningkatkan skala usahanya dengan omzet tahunannya menyentuh angka Rp300.000.000.

Melihat perkembangan yang positif ini, pihak Amartha mengungkapkan akan terus berupaya membuka akses permodalan untuk pengusaha ultra mikro lainnya. Dari sisi total ibu mitra yang telah diberikan akses permodalan oleh Amartha, sejak tahun 2010 hingga saat ini, telah ada lebih dari 1,2 juta pelaku usaha ultra mikro yang tersebar di 35.000 desa Tanah Air yang telah digandeng Amartha untuk akses keuangan inklusif.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.