Design gratis UMKMOK.jpg

Bisnis

Bangkitkan UMKM Berdaya Saing, Hendi Beri Pelatihan Design Produk

Jika membeli sebuah produk, apa yang dilihat pertama kali yang menarik minat Anda? Packaging atau kemasan produk pastilah jawabannya, bahkan pada beberapa kasus konsumen banyak memilih produk berdasarkan kemasannya, walaupun kemasan yang menarik tidak pula menjamin kualitas produk yang dijual akan baik pula. Packaging atau kemasan pada suatu produk sejatinya memang berfungsi untuk melindungi sebuah produk namun tak menutup kemungkinan dapat membantu pemasaran produk jika memiliki desain yang menarik.

Melihat kondisi demikian, maka tak dapat dipungkiri sebuah kemasan memang memiliki peranan yang penting terhadap produk yang dijual. Tak hanya packaging saja yang menjadi perhatian, ternyata desain yang berfungsi sebagai identitas suatu produk juga dapat menjadi nilai tambah suatu produk yang dijual. Maka tak heran jika banyak pemilik usaha yang berlomba-lomba menciptakan kemasan unik agar dilirik pembeli.

Design gratis UMKMOK2.jpg

Sadar akan hal tersebut, untuk mendorong kebangkitan UMKM yang ada di Jawa Tengah khususnya di kota Lumpia, melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memfasilitasi 200 UMKM untuk bisa memiliki desain kemasan yang menarik. Dirinya yang secara langsung hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Balai Kota Semarang pada Senin 25/20/2021 lalu tersebut berupaya untuk melakukan inovasi untuk mendorong UMKM di kota Semarang tetap eksis dan berdaya saing.

Program tersebut digagas oleh Hendrar Prihadi ketika ia melihat sejumlah pelaku UMKM di Kota Semarang yang belum melek akan pentingnya kemasan produk yang baik. Dikatakannya, banyak diantara pelaku UMKM dengan produk berkualitas tapi memiliki packaging yang kurang menarik. “Saya seringkali mendapati banyak yang belum profesional, padahal rasanya enak. Tapi karena tidak dikemas baik, harganya ya biasa-biasa saja,” ujar Hendi sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (26/10/2021).

[Baca Juga: Strategi Bisnis Skincare Ini Sukses dengan Mengubah Packaging]

Menurutnya jika para pelaku UMKM mengemas produknya dengan desain yang menarik, maka nilai jual suatu produk juga akan meningkat. “Padahal pengemasan yang menarik akan meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM karena akan menambah nilai jual dari produk. Orang akhirnya yakin dan percaya bahwa yang mereka beli itu produknya sehat, berkualitas, dan enak rasanya, dengan demikian penjualan pun akan meningkat,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, Hendi juga berbagi pengalaman yang bisa menjadi pembelajaran bagi para pelaku UMKM. Dirinya berpesan agar para pelaku UMKM selalu melakukan pengawasan dan tidak cepat puas ketika produk yang mereka jual akhirnya berhasil mendapatkan omzet yang menguntungkan. Jika tidak ada pengawasan, bukan tidak mungkin nantinya penjualan barang akan menurun. “Kegagalan menjadi pengalaman buat saya, ditelateni dan ditekuni. Alhamdulillah dari sedikit-sedikit jualan amplas, bisa jadi kontraktor, jadi wali kota,” kisah Hendi.

Design gratis UMKMOK3.jpg

Salah satu peserta pelatihan, Oktaviani yang mengikuti acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Ia merasa gembira dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkot Semarang. Selain mendapatkan pelatihan, 200 UMKM yang ikut nantinya akan diberi pendampingan untuk mendesain kemasan produk, serta mendapatkan 1.000 kemasan dengan desain yang telah ditentukan dan kesemuanya Gratis. “Saya berharap UMKM di Semarang semakin besar dan maju. Kami pelaku juga dibantu dalam mengembangkan usaha kami,” ujar Oktaviani.

Program tersebut nantinya akan terus dilakukan dengan keterlibatan UMKM lainnya. Hal ini dilakukan sebagai realisasi program prioritas pemkot Semarang yang memang dipersembahkan untuk para pelaku UMKM agar produk yang dihasilkan berdaya saing. “Ini program dedicated, jadi kita ingin membantu UMKM supaya mempunyai nilai tambah dengan pelatihan design packing produk mereka,” tandas Hendi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.