MIXED-PENDIDIKAN-BANGUN KARAKTER ANAK SEJAK DINI MELALUI DISKUSI-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Bangun Karakter Anak Sejak Dini Melalui Reward dan Diskusi

Pada saat usia antara nol sampai enam tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi. Masa itu merupakan masa perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak mulai terbentuk, dan banyak yang menyebut itu sebagai masa emas anak atau golden age.

Melihat kondisi tersebut, orangtua hendaknya memanfaatkan masa itu untuk memberikan pendidikan karakter. Di dalam keluarga misalnya, memberikan pendidikan karakter bisa dilakukan dengan pembahasan, keteladanan, dan pengkondisian.

[Baca Juga: Mengenal Metode Pendidikan Montessori untuk Anak]

Pengkondisian dilakukan dengan memberikan anak ruang dan waktu untuk mengembangkan nilai karakter dalam dirinya sendiri. Mengutip Sahabat Keluarga Kemendikbud (10/12/2018), pengkondisian dapat dilakukan dengan memberikan reward atas keberhasilan anak dalam mengembangkan karakter. Pemberian reward ini merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk mendorong dan memotivasi anak untuk memiliki perilaku sesuai yang diharapkan.

Pentingnya Diskusi dan Bermain dengan Anak

Ajak Diskusi

Hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam pengembangan karakter adalah mengajaknya berdiskusi soal boleh atau tidaknya melakukan sesuatu.

Pengenalan karakter diharapkan tidak menjadi nilai-nilai yang terdoktrin dalam diri anak tanpa memahami mengapa anak harus melakukan atau tidak boleh melakukan. Anak akan lebih mudah melakukan sesuatu ketika dirinya memahami mengapa harus melakukan sesuatu, maka ajaklah anak mendiskusikannya.

Ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai anak sejak usia dini yakni fokus dan mengontrol diri sendiri, memahami sudut pandang orang lain, komunikasi, membuat hubungan, berpikir kritis, berani menerima tantangan, dan terbiasa mengarahkan dirinya sendiri untuk terus belajar.

[Baca Juga: Ketahui Bahaya Posisi Duduk W Pada Anak]

Keterampilan tersebut juga didasari oleh karakter. Karakter percaya diri, sabar, disiplin, mudah menyesuaikan diri, mandiri, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi menjadi dasar dalam pengembangan keterampilan tersebut.

Pendidikan anak usia dini tidak cukup hanya dengan mengajarkan kemampuan akademik. Sebaliknya, pendidikan karakter adalah utama di pendidikan anak usia dini. Sahabat Keluarga Kemendikbud mengutip, berdasarkan hasil kajian dari Universitas Harvard, karakter merupakan salah satu hal penting yang menentukan keberhasilan seseorang.

Dalam kajian tersebut dinyatakan bahwa 85 persen dari sebab-sebab kesuksesan, pencapaian sasaran, promosi jabatan, dan lain-lain, adalah karena karakter seseorang. Hanya 15 persn disebabkan oleh keahlian atau kompetensi teknis yang dimilikinya.

Oleh karenanya sangat penting bagi orangtua untuk mengembangkan karakter anaknya sejak dini melalui pengasuhan yang baik sesuai dengan tumbuh kembang anak.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.