Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, BMKG sudah memberikan peringatan potensi terjadinya banjir rob di wilayah Jakarta Utara hingga 9 Desember 2021. Ternyata benar saja pada akhir pekan lalu akibat aktivitas fase bulan baru serta curah hujan yang tinggi, sejumlah wilayah di Jakarta Utara mengalami banjir sampai 6 Desember 2021. Demi mengantisipasi dampaknya berkepanjangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara langsung melakukan beragam hal ketika kabar banjir rob membayangi warganya.

“Sesuai prediksi BMKG akan terjadi rob dari tanggal 2 sampai 11 Desember mendatang. Lokasi yang terdampak rob yaitu RW 08 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan. Selanjutnya, di wilayah Kecamatan Penjaringan terjadi di RW 022 Kelurahan Pluit, Kapuk Muara, dan Kamal Muara,” ungkap Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (6/12/2021).

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara .jpg

Menurut Ali, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir sebenarnya sudah terbiasa dengan munculnya banjir rob. Namun untuk banjir rob kali ini sebenarnya sudah masuk skala merah alias berpotensi memicu bahaya, oleh karena itulah Pemkot Jakarta Utara melakukan langkah antisipasi yang dapat mencegah potensi itu terjadi. Hal ini bisa dimulai dari disediakannya lokasi pengungsian bagi warga yang rumahnya terendam banjir, memanfaatkan pompa-pompa yang ada (dari mulai stasioner, mobile, sampai apung) di titik banjir rob, penyediaan bantuan sosial, hingga mengerahkan petugas. Di sisi lain, Wali Kota Jakarta Utara juga tetap meminta masyarakat waspada dan jangan lengah dengan situasi banjir rob.

[Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob di Wilayah Jakarta Utara]

Dari sisi pengerahan petugas, Suku Dinas (Sudin) Jakarta Utara sudah menurunkan anggotanya sejak 4 Desember 2021. Di mana ketika genangan banjir rob terjadi, petugas Sudin Jakarta Utara melakukan pengalihan arus lalu lintas. Pasalnya, pada akhir pekan kemarin, ada titik di Jakarta Utara tak bisa dilalui motor dan mobil karena luapan banjir rob seperti yang terjadi di Jalan Lodan Raya, Kecamatan Pademangan.

Kemudian Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara juga turut membentuk tim dalam membantu penanganan banjir rob. Di mana petugas LH sudah bersiaga setiap saat di posko untuk menunggu laporan sekaligus memonitor perkembangan banjir. Karena ketika banjir surut, mereka langsung bergerak untuk membersihkan sampah yang sebelumnya terbawa aliran air.

“Saat rob mulai surut, kami langsung bertugas melakukan penyisiran sampah-sampah. Dari lokasi paling parah di kawasan Sunda Kelapa atau tepatnya di RW 8 berhasil dikumpulkan dua truk besar dan satu truk kecil sampah. Diperkirakan beratnya mencapai 46 meter kubik atau setara dengan 17 ton yang kemudian ditempatkan di TPS Ancol,” tambah Kasudin LH Jakarta Utara Achmad Hariyadi.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.