Tarif MRT Jakarta 1.jpg

Berita Kawasan

Bank Indonesia Terus Uji Tarif MRT

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah memastikan tarif moda raya terpadu (MRT) sudah disiapkan. Namun, besaran tarif MRT tersebut itu masih diuji Bank Indonesia (BI).

"Nantinya kita akan mengintegrasikan. Saat ini tarif sedang didalam proses akhir untuk kita menentukan. Perhitungan semua sudah selesai sebetulnya. Kemudian kita juga akan lakukan kerja bersama BI kalau tidak salah sekarang sedang pengujian dengan BI untuk kita bisa menggunakan tiketnya," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota, Jakarta Pusat seperti dilansir dari Beritajakarta.go.id (31/1/2019).

Tarif MRT Jakarta

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar mengatakan, usulan tarif MRT sebesar Rp8.500 per 10 kilometer telah diperhitungkan dengan subsidi. Bahkan, subsidi untuk tiket MRT ini telah tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Hitungan tiket MRT secara komersial tanpa subsidi bisa mencapai Rp25.000-Rp30.000.

"Itu rancangan kami tapi keputusan pemerintah belum ditetapkan. Itu keputusan gubernur. Kita lagi menunggu, sudah tahap final awal Februari ini. Kita usulkan di Rp8.500 sudah dengan subsidi per 10 kilometer," ujar William.

[Baca Juga: Warga Bisa Siap-siap Coba Kereta MRT Jakarta Pada Februari]

“Prinsipnya MRT siap menerima kartu apa saja. Kita mau kartu arahnya ke sana satu dari perusahaan patungan," tambahnya. 

Maka, tak butuh waktu lama lagi jika Anda ingin menikmati moda transportasi terbaru di Indonesia diberi nama Ratangga ini. Rencananya Pemerintah akan membuka untuk umum pada akhir Maret 2019.

Anies menambahkan jika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang merancang pembuatan tiket terintegrasi yang bisa digunakan MRT, Kereta ringan atau Light Rapid Transit (LRT) dan bus Transjakarta.

[Baca Juga: Tidak Lama Lagi, Warga Cibubur Bisa Naik LRT]

Dengan pengintegrasian tiket tersebut, kebijakan tersebut akan memudahkan Pemprov DKI Jakarta dalam penyaluran subsidi atau public service obligation (PSO).

Meski demikian, pihaknya memastikan akan mengumumkan tiket MRT sesegera mungkin, pada pertengahan atau Akhir Februari 2019.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.