BANK SAMPAH JADI SOLUSI KEBERSIHAN UNGGULAN CIPETE UTARA

Berita Kawasan

Bank Sampah Jadi Solusi Kebersihan Unggulan Cipete Utara

Penumpukan sampah merupakan bagian dari masalah kota-kota besar di dunia dan ini juga berlaku di DKI Jakarta. Dengan semakin banyaknya orang yang tinggal di satu wilayah maka solusi pun dibutuhkan untuk mengurangi sampah-sampah tersebut. Salah satu solusi yang sukses dan saat ini kerap diterapkan di area Cipete Utara untuk menangani penumpukan sampah adalah melalui bank sampah.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, bank sampah sebenarnya merupakan tempat yang difungsikan untuk mengumpulkan sampah yang sebelumnya sudah disortir. Orang-orang yang menyetor sampah-sampah tersebut biasanya adalah para warga yang tinggal di kawasan dekat bank sampah tersebut.

Setelah para “nasabah” itu menyetorkan sampah mereka, pihak bank sampah akan memberikan buku tabungan yang berisi detail jumlah sampah yang mereka serahkan beserta imbalan yang warga terima. Sampah-sampah ini kemudian oleh pihak pengelola bank sampah diserahkan ke pengepul untuk dijual serta ada juga yang diambil oleh pihak bank untuk diolah menjadi pupuk.

Salah satu wilayah di DKI Jakarta yang berhasil mengelola konsep bank sampah adalah Kelurahan Cipete Utara di Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sebagaimana dilansir dari tribunnews.com, tercatat hingga Maret 2018, terdapat 20 bank sampah yang ada di kelurahan ini yakni 11 Bank Sampah RW, dua Bank Sampah RT, satu Bank Sampah Kelurahan (PPSU), Lima Bank Sampah Sekolah, satu Bank Sampah Transito milik Suku Dinas Lingkungan Hidup dan satu Bank Sampah Kober 2.

Keberadaan bank sampah yang tersebar di berbagai lokasi di Cipete Utara ini membuat para warga semakin giat menjaga lingkungan. Karena mereka jadi antusias untuk membersihkan area di rumah dan sekitarnya demi mengumpulkan sampah-sampah yang nantinya akan mereka setor.

Setiap sampah yang mereka setorkan pun memiliki harganya masing-masing yang nantinya dicatat dalam buku tabungan para nasabah. Sampah dari botol bekas dihargai Rp2.000 per kilogrammnya, buku dan majalah dihargai Rp1.000 per kilogramnya, kotak kardus dihargai Rp1.500 per kilogramnya dan besi dihargai Rp3.000 per kilogrammnya.

Salah satu bank sampah yang ada di Kelurahan Cipete merupakan hasil program CSR dari perusahaan PT Danayasa Arthatama. Sebagaimana diwartakan oleh beritasatu.com, bank sampah yang yang dinamakan Kirai Mandiri ini rata-rata per bulannya bisa mengumpulkan sampah hingga 1.180 kilogram dari para warga yang menjadi nasabah aktifnya.

Pengelolaan sampah yang kerap jadi panutan ini, membuat Kelurahan Cipete Utara mendapatkan beragam apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari Jepang. Apresiasi tersebut disampaikan oleh perwakilan delegasi otoritas Distrik Nerima, Kota Tokyo, Jepang, yang pada 2017 menyambangi wilayah Jakarta Selatan.

“Kami tertarik dengan kiprah warga Cipete Utara yang aktif terhadap lingkungan, khususnya pengelolaan daur ulang sampah melalui bank sampah,” ucap Yamauchi Takao selaku Wakil Walikota Distrik Nerima Tokyo kepada para pejabat Jakarta Selatan, termasuk Lurah Cipete Utara, Mohamad Yohan, sebagaimana dikutip dari poskotanews.com.

Selain bank sampah, keberadaan Warung Daur Ulang Sampah juga semakin meningkatkan animo warga Cipete Utara untuk menyetor sampah-sampah yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Berbeda dengan bank sampah yang mendapatkan imbalan uang, di Warung Daur Ulang Sampah, para warga dapat menukar sampah dengan berbagai bahan pokok.

Lurah Cipete Utara, Mohamad Yohan, menjelaskan bahwa sampah-sampah yang diserahkan warga ke Warung Daur Ulang Sampah dapat ditukar dengan mie instan, beras dan minyak goreng. Karena itulah para warga menyambut baik konsep pengelolaan sampah ini karena selain membuat lingkungan lebih sehat serta bersih, para warga juga mendapatkan kebutuhan sehari-hari dan bila memilih imbalan uang, mereka dapat memanfaatkan bank sampah.

Read More

Artikel Lainnya

3 Cara Meningkatkan Libido Menurut Pakar Kesehatan Seksual

Kesehatan

3 Cara Meningkatkan Libido Menurut Pakar Kesehatan Seksual

10 August 2020, 20:00

sekitar 41 persen perempuan melaporkan mengalami masalah kronis dengan hasrat, gairah, atau orgasme.

Hadir di Gandaria City, Susen Resmikan Gerai Perdananya di Indonesia.jpg

Kecantikan dan Fashion

Hadir di Gandaria City, Susen Resmikan Gerai Perdananya di Indonesia

10 August 2020, 18:00

Baru-baru ini salah satu unit bisnis Kawan Lama Group secara resmi memboyong brand fashion Susen ke Tanah Air dengan peresmian gerai pertamanya.

Gelar Kopdar RW, Camat Kalideres Bahas Kemunculan Klaster COVID-19 Baru.jpg

Berita Kawasan

Gelar Kopdar RW, Camat Kalideres Bahas Kemunculan Klaster COVID-19 Baru

10 August 2020, 16:00

Pada Kopdar RW di wilayahnya, Camat RW membahas pentingnya penerapan 3M apalagi saat ini sudah muncul klaster baru.

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.


Comments


Please Login to leave a comment.