Bantu Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Unpad Hadirkan Green House Pinta r.jpg

Pendidikan

Bantu Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Unpad Hadirkan Green House Pintar

Di tahun 2020 tim peneliti dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universiras Padjadjaran atau FTIP Unpad berhasil mengembangkan inovasi alat hidroponik yang pada dasarnya demi mendorong urban farming yang tidak ribet. Di mana alat bernama Smart Watering ini pada dasarnya menggunakan sistem penyiraman air untuk tanaman secara otomatis tapi tanpa menggunakan listrik dengan memanfaatkan gaya gravitasi, prinsip archimedes, dan kapilaritas. Realisasi penggunaan sistem penyiraman pintar ini bisa dilihat di green house yang dibangun Unpad di Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Green house pintar yang menggunakan teknologi Smart Watering ini diresmikan pada 21 April 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Di mana dalam peresmian ini turut hadir Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Wali Kota Bandung Yana Mulayana. Keduanya serta para tamu yang hadir dalam peresmian ini juga berkesempatan untuk memanen sayuran seperti selada, cabai, tomat, dan kangkung yang berhasil tumbuh subur dengan inovasi dari sivitas akademika Unpad tersebut.

Bantu Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Unpad Hadirkan Green House Pintar.jpg

Tujuan utama pembangunan green house ini dari sisi Unpad adalah sebagai solusi untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Kembang dengan metode urban farmin. Melalui metode ini, perguruan tinggi negeri itu memandang, masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang sempit untuk bercocok tanam. Apalagi ini didukung dengan perangkat Smart Watering yang memang dibuat demi mengurangi penggunaan listrik di metode hidroponik dan mampu meminimalisir penguapan dari media tanamnya sehingga sayur dapat tumbuh lebih optimal.

[Baca Juga: Unpad Kembangkan Kebun Hidroponik Pintar]

Menurut Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Diana Sari, S.E., M.Mgt., PhD, awalnya Smart Watering akan dibagikan kepada warga Kelurahan Lebakgede guna membantu mereka memulai urban farming. “Setelah berdiskusi, Smart Watering Unpad ini tidak diberikan kepada individu, tetapi langsung ditempatkan di ruang publik dan pengelolaannya diserahkan kepada warga,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (21/4/2022).

Melihat green house pintar dengan Smart Watering yang berdiri atas lahan seluas 21x3 meter ini, Wali Kota Bandung mengapresiasi apa yang dilakukan Unpad. “Lewat teknologi yang dikembangkan oleh Unpad bisa menjawab kebutuhan pangan bagi warga,” tambah Yana Mulyana, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (21/4/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.