Bantu Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Unpad Hadirkan Green House Pinta r.jpg

Pendidikan

Bantu Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Unpad Hadirkan Green House Pintar

Di tahun 2020 tim peneliti dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universiras Padjadjaran atau FTIP Unpad berhasil mengembangkan inovasi alat hidroponik yang pada dasarnya demi mendorong urban farming yang tidak ribet. Di mana alat bernama Smart Watering ini pada dasarnya menggunakan sistem penyiraman air untuk tanaman secara otomatis tapi tanpa menggunakan listrik dengan memanfaatkan gaya gravitasi, prinsip archimedes, dan kapilaritas. Realisasi penggunaan sistem penyiraman pintar ini bisa dilihat di green house yang dibangun Unpad di Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Green house pintar yang menggunakan teknologi Smart Watering ini diresmikan pada 21 April 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Di mana dalam peresmian ini turut hadir Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Wali Kota Bandung Yana Mulayana. Keduanya serta para tamu yang hadir dalam peresmian ini juga berkesempatan untuk memanen sayuran seperti selada, cabai, tomat, dan kangkung yang berhasil tumbuh subur dengan inovasi dari sivitas akademika Unpad tersebut.

Bantu Ketahanan Pangan di Kota Bandung, Unpad Hadirkan Green House Pintar.jpg

Tujuan utama pembangunan green house ini dari sisi Unpad adalah sebagai solusi untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Kembang dengan metode urban farmin. Melalui metode ini, perguruan tinggi negeri itu memandang, masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang sempit untuk bercocok tanam. Apalagi ini didukung dengan perangkat Smart Watering yang memang dibuat demi mengurangi penggunaan listrik di metode hidroponik dan mampu meminimalisir penguapan dari media tanamnya sehingga sayur dapat tumbuh lebih optimal.

[Baca Juga: Unpad Kembangkan Kebun Hidroponik Pintar]

Menurut Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Diana Sari, S.E., M.Mgt., PhD, awalnya Smart Watering akan dibagikan kepada warga Kelurahan Lebakgede guna membantu mereka memulai urban farming. “Setelah berdiskusi, Smart Watering Unpad ini tidak diberikan kepada individu, tetapi langsung ditempatkan di ruang publik dan pengelolaannya diserahkan kepada warga,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (21/4/2022).

Melihat green house pintar dengan Smart Watering yang berdiri atas lahan seluas 21x3 meter ini, Wali Kota Bandung mengapresiasi apa yang dilakukan Unpad. “Lewat teknologi yang dikembangkan oleh Unpad bisa menjawab kebutuhan pangan bagi warga,” tambah Yana Mulyana, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (21/4/2022).


Read More

Kantor Kelurahan Lebakgede

Kantor Pemerintah Distrik

0222512563
None

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.