Bantu Korban Tsunami Banten, PKPU HI Sediakan Dapur Air

Berita Kawasan

Bantu Korban Tsunami Banten, PKPU HI Sediakan Dapur Air

Tsunami yang terjadi di kawasan Selat Sunda memicu duka bagi para warga yang tinggal di wilayah pesisir Banten dan Lampung. Bencana ini menyebabkan ratusan orang kehilangan nyawanya, dan ribuan lainnya menderita luka. Selain itu, bencana ini juga menyebabkan setidaknya lebih dari 18.000 orang di Banten mengungsi.

Salah satu hal yang juga menjadi dampak dari adanya bencana ini adalah masalah logistik. Selain sembako, dalam hal ini warga juga kesulitan untuk mendapat air bersih. Di sisi lain, logistik berupa sembako dan air bersih memang merupakan kebutuhan utama para korban tsunami Selat Sunda saat ini.

[Baca Juga: Yayasan Buddha Tzu Chi Terjunkan Tim Khusus Bantu Korban Tsunami]

Melihat kondisi seperti yang dijelaskan di atas, Pos Keadilan Peduli Umat Human Initiative (PKPU HI) pun merespon dengan menerjunkan para relawan ke lokasi yang terdampak tsunami Banten dan Lampung. Lembaga kemanusiaan nasional yang berkantor pusat di Jala Raya Condet No.27-G, Batu Ampar, Jakarta Timur ini tiba di lokasi bencana pada Minggu, 23 Desember 2018.

Bantu-Korban-Tsunami-Banten,-PKPU-HI-Sediakan-Dapur-Air-3.jpg

Berdasarkan penjelasan yang diterima PingPoint.co.id melalui pesan singkat (28/12/2018), terdapat beberapa fokus dari para anggota lembaga kemanusiaan ini. Pertama adalah membantu pembersihan reruntuhan, mengingat tsunami Banten dan Lampung merusak ratusan bangunan (rumah dan penginapan) di lokasi yang terdampak. Selain itu, para relawan dari PKPU HI juga melakukan distribusi logistik untuk kebutuhan sehari-hari pengungsi.

“Kita membagi menjadi beberapa tim. Satu di antaranya melakukan giat aksi search and rescue atau evakuasi untuk wilayah Kecamatan Sumur di Pandeglang dan juga kita melakukan pendirian dapur air di wilayah Labuan, juga masih di Pandeglang,” jelas GM Disaster Risk Management PKPU HI Jumarsono, sebagaimana dikutip dari video di akun Youtube PKPU Human Initiative (28/12/2018)

Bantu-Korban-Tsunami-Banten,-PKPU-HI-Sediakan-Dapur-Air-3.jpg

Salah satu kebutuhan yang mendesak untuk para pengungsi yang tertimpa bencana ini adalah akses air bersih. Karena itu, sekira 15 anggota PKPU HI pun dikerahkan untuk mendirikan dapur air di pengungsian Radio Krakatau yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten.

[Baca Juga: Duka Tsunami Selat Sunda di Jakarta Barat]

Di dapur air tersebut, relawan PKPU HI menyediakan berbagai minuman kemasan serta air mineral untuk para korban tsunami Banten. Warga pun menyambut dengan baik dengan kehadiran dapur air ini. Pasalnya, mereka dapat kembali mendapatkan akses air minum secara gratis.

“Kita juga masih melakukan distribusi program bantuan makanan siap saji, paket makanan, paket kebersihan diri dan kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan warga terdampak Tsunami Selat Sunda,” tambah Jumarsono yang masih di lokasi terdampak tsunami Banten.

Read More

Artikel Lainnya

Lagu Kembali Ke Awal Ciptaan Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

Berita Kawasan

Kembali Ke Awal Karya Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

19 July 2019, 21:00  |  10 Views

Setelah merilis lagu Orang Biasa, Glen Fredly kembali merilis single Kembali ke Awal yang juga dijadikan sebagai original soundtrack film Twivortiare dari rumah produksi MD Pictures.

TP PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

Berita Kawasan

Tim Penggerak PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

19 July 2019, 20:00  |  8 Views

PKK memberikan segala macam informasi mulai dari hidup tertib dan teratur, standar gizi dan wawasan kesehatan.

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

Bisnis

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

19 July 2019, 19:00  |  7 Views

Nilai transaksi yang dicapai membuat panitia IFRA 2019 semakin optimistis dalam membatu memajukan industri franchise Indonesia melalui pameran berkualitas.

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

Berita Kawasan

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

19 July 2019, 18:00  |  8 Views

Turnamen golf Asian Development Tour akan diikuti 144 pegolf dari hampir 20 negara. Turnamen golf internasional ini berhadiah senilai total 75.000 USD.


Comments


Please Login to leave a comment.