Bantu Pemprov Jawa Barat Tekan COVID-19, ITB Serahkan VTM dan Swab Stick.jpg

Pendidikan

Bantu Pemprov Jawa Barat Tekan COVID-19, ITB Serahkan VTM dan Swab Stick

Dalam proses pengecekan tes swab untuk mendeteksi infeksi COVID-19 di dalam tubuh seseorang terdapat berbagai alat yang dibutuhkan selain menggunakan alat Real Time-Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR, khususnya dalam proses pengambilan sampelnya. Di mana dua komponen yang terbilang penting pada proses ini adalah nasopharyngeal swab stick dan Viral Transport Media (VTM). Kedua alat inilah yang baru-baru ini diserahkan Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada Pemprov Jawa Barat demi membantu usaha penanggungan COVID-19 di Jawa Barat.

Bantuan yang terdiri dari VTM dan swab stick dengan jumlah 1.444 buah itu langsung diserahkan Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB Endah Sulistiawati serta Ketua Kelompok Keahlian Bioteknologi Mikroba Pingkan Adiwati kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat Ema Rahmawati pada 9 Juli 2020.

Menurut Endah, bantuan VTM dan swab stick ini diharapkan dapat bermanfaat untuk Pemprov Jabar dalam usaha menanggulangi penyebaran COVID-19 dengan metode uji deteksi yang akurat atau tes swab PCR. Di mana VTM ini benar-benar hasil karya dari Tim Dosen SITH ITB yang terdiri dari mereka-mereka yang tergabung dalam Kelompok Keahlian Bioteknologi Mikroba (KK-BM) dan Kelompok Keahlian Genetika dan Biologi Molekular (KK-GBM).

Bantu Pemprov Jawa Barat Tekan COVID-19, ITB Serahkan VTM dan Swab Stick .jpg

Sebagaimana dikutip dari ITB.ac.id (13/7/2020) tim dosen dari ITB yang membuat VTM ini disebut sudah menggunakan standarisasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Di mana dalam proses pembuatannya, pendanaan produksi VTM ini diambil dari Lembaga Pengembangan Inovasi & Kewirausahaan (LPIK) ITB serta dana Pengabdian KK-BM SITH ITB.

Dari sisi Pemprov Jawa Barat sendiri sangat menyambut hangat bantuan dari ITB tersebut. Kepala UPTD Labkesda Jawa Barat menyebut, ketersediaan dan kualitas dari VTM sangatlah penting untuk menunjang diagnosa COVID-19 di wilayah Jawa Barat. Namun hal ini terhalang dengan jumlah VTM yang dimiliki Pemprov Jawa Barat masih terbatas. Sehingga mereka sangat terbantu dengan penyaluran VTM dan swab stick.

Bagi Anda yang masih asing dengan VTM dan swab stick, nasopharyngeal swab stick pada dasarnya merupakan alat yang dimasukan ke dalam lubang hidung dan perlahan bergerak ke area nasofaring untuk mengambil sampel. Sedangkan VTM merupakan alat yang digunakan dalam menjaga spesimen dari lenderi sampel yang diambil pada tes swab COVID-19. Di mana VTM berfungsi dalam menjaga sampel menjadi kering serta rusak akibat partikel virus. Berdasarkan standarisasi WHO serta CDC, VTM harus memiliki antibiotik serta antifungi demi mencegah kontaminasi.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.