Bantu Penanganan Covid-19, Mahasiswa UNS Buat Pelindung Wajah

Pendidikan

Bantu Penanganan COVID-19, Mahasiswa UNS Buat Pelindung Wajah

Berbagai bantuan untuk penanganan COVID-19 terus datang dari elemen masyarakat. Di Solo, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah memproduksi 1.000 face shield atau pelindung wajah yang rencananya didistribusikan ke Rumah Sakit UNS.

"Selain itu juga didistribusikan ke beberapa RS rujukan COVID-19 yang ada di Kota Surakarta," kata Kepala Program Studi Teknik Mesin FT UNS Eko Surojo, dilansiri dari antaranews.com (16/4/2020).

Pertamina Lubricants Sumbang APD untuk Tenaga Medis Covid-19

Eko mengatakan bahwa tujuan produksi pelindung wajah ini sebagai bentuk kepedulian kelangkaan alat pelindung diri untuk tenaga medis. Sementara itu, Salah satu mahasiswa Teknik Mesin UNS Seraf Steva Oryzanan mengatakan bahwa dia dan teman-temannya telah memproduksi 500 pelindung wajah pada minggu lalu.

Diharapkan pada minggu depan dapat kembali memproduksi 500 pelindung wajah. "Dalam satu hari kami bisa memproduksi 75-100 face shield," katanya.

[Baca Juga: Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka]

Lebih lanjut Seraf menjelaskan untuk memproduksi satu pelindung wajah diperlukan biaya Rp10.000-12.000. Untuk bahan bakunya sendiri katanya juga cukup mudah diperoleh, yakni hanya mika dan pipa paralon.

Dia mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan untuk memproduksi pelindung wajah lebih dari 1.000 buah bila ada yang membutuhkan dan mendapat dukungan dana.

"Kalau pun ada yang membutuhkan dan ada 'support' dana lagi, mungkin kami akan produksi lebih dari 1.000 buah," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.