Bantu Pengelolaan Sampah UMKM yang Tepat, Sirclo Kolaborasi dengan MallSampah.jpg

Bisnis

Bantu Pengelolaan Sampah UMKM, Sirclo Kolaborasi dengan MallSampah

Saat ini tak dipungkiri pemerintah sangat mendorong tumbuhnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Bahkan disinyalir pemerintah pusat menargetkan pengusaha UMKM pada tahun 2022 ini dapat mencapai angka 14,5 juta. Walau di satu sisi ini merupakan hal yang sangat positif untuk roda ekonomi Tanah Air tapi terdapat potensi munculnya masalah untuk lingkungan, khususnya dari sisi emisi serta sampah yang dihasilkan dari UMKM di Indonesia yang mungkin masih belum memiliki edukasi sepenuhnya terkait pengelolaan sampah untuk proses produksi mereka. Dari sinilah Sirclo mengumumkan kolaborasinya dengan MallSampah.

Sekadar informasi, Sirclo merupakan perusahaan omnichannel commerce enabler dengan tiga pilar bisnis yang terdiri dari solusi untuk enterprise, solusi untuk UMKM, dan solusi model bisnis New Retail (warung). Berdasarkan data terungkap bahwa dari seluruh sampah yang ada di Indonesia, 60 persennya berakhir di TPA, 30 persen tidak terkelola, dan 10 persen saja yang berhasil didaur ulang. Angka-angka ini tentu saja cukup mengkhawatirkan dengan potensi dampak lingkungan yang dapat terjadi. Melihat data tersebut Sirclo mencanangkan program pengelolaan sampahnya.

Bantu Pengelolaan Sampah UMKM yang Tepat, Sirclo Kolaborasi dengan MallSampa h.jpg

“Kami menyadari adanya urgensi pengelolaan sampah seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, edukasi kepada pelaku usaha industri kecil terkait penanganan dan pengelolaan limbah hasil usaha sangatlah penting,” ucap Impact Manager Sirclo Jiwo Daman Anarkie, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (19/7/2022).

Dalam merealisasikan upaya pengelolaan sampah UMKM ini, Sirclo memutuskan menandatangani kerjasama strategis pada momen Hari Lingkungan Hidup Internasional pada Juni 2022 lalu dengan platform end-to-end pengelolaan sampah menjadi barang bernilai ekonomi, yakni MallSampah.

[Baca Juga: The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam]

“Sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan ekosistem bisnis terpadu, kolaborasi strategis dengan MallSampah ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pelaku usaha untuk menerapkan sustainability dan strategi inovatif dalam prosesnya. Inisiatif ini hanyalah langkah awal SIRCLO untuk berkontribusi dalam terciptanya sistem ekonomi sirkular yang baik, dimulai dari pelaku UKM hingga komunitas akar rumput,” sambung Jiwo.

Realisasi dari program pengelolaan sampah ini dimulai pada akhir Juni 2022 dengan menggandeng 100 mitra UMKM Sirclo melalui kegiatan pengelolaan sampah rumah tanga dan UMKM secara virtual. Kemudian sampai Agustus 2022, program ini dilanjutkan dengan pengumpulan sampah yang telah dipilah per kategorinya, pengambilan sampah oleh MallSampah, dan kegiatan daur ulangnya. Menariknya, untuk memastikan transparansi dalam program ini, Sirclo dan MallSampah memanfaatkan teknologi yang memungkinkan jejak pengambilan sampahnya hingga memantau proses daur ulangnya. Selain itu, mitra UMKM yang ikut program ini juga mendapatkan insentif dari sampah yang mereka berikan untuk program ini.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.