Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

Perusahaan fintech yang bergerak di bidang microfinance PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha baru-baru ini kembali mengadakan kerjasama dengan pihak swasta dalam upaya membantu perkembangan UMKM di Tanah Air. Di mana kali ini kolaborasi itu dilakukan bersama perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang berfokus ke pembudidayaan ikan di Indonesia, yakni eFishery. Melalui kolaborasi ini, Amartha siap menyalurkan akses modal dengan nilai Rp100 miliar bagi peternak ikan yang masuk ke dalam ekosistem eFishery.

Berdasarkan penjelasan Amartha, kerjasama ini sebenarnya sudah terbentuk pada Maret 2022 melalui program Kabayan yang merupakan singkatan dari ‘Kasih Bayar Nanti’ di dalam layanan eFishery Mall. Melalu program Kabayan ini, pembudidaya ikan mendapatkan akses pinjaman di angka Rp3.000.000-Rp100.000.000 dan hingga saat ini tercatat sudah ada 1.600 pembudidaya yang mendapatkan akses kredit ini di eFishery. Kerjasama ini disinyalir menjadi bagian dari upaya Amartha mendorong pertumbuhan UMKM di Tanah Air yang tak hanya berasal dari para perempuan pengusaha yang tergabung sebagai mitra di Amartha.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFisher y.jpg

“Kolaborasi dengan eFishery merupakan wujud layanan keuangan inklusif yang diberikan oleh Amartha kepada para pelaku UMKM. Amartha menjangkau segmen pasar yang lebih masif dengan memberikan akses modal bagi para pembudidaya ikan,” ucap Founder sekaligus CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (29/11/2022).

Amartha mengungkapkan, konsep tanggung renteng yang diterapkan untuk para ibu mitra tak diterapkan dalam penyaluran modal melalui eFishery ini. Dengan sistemnya adalah para peternak ikan yang berada di bawah binaan eFishery dapat langsung mengajukan penjaman modal yang targetnya adalah belanja kebutuhan budidaya ikan. Sistem tenornya sendiri adalah sekitar satu hingga enam bulan dengan credit scoring yang didapatkan dari teknologi Amartha.

[Baca Juga: Tukar Sampah Dapat Ikan eFishery di Kota Bandung]

Pada praktiknya, proses penyaluran dana ini diawali dengan pembudidaya ikan mengajukan pinjaman di platform eFisheryFund. Lalu profil dari pembudidaya ikan itu pun akan dinilai oleh machine learning dari Amartha untuk mengukur credit scoring-nya. Barulah setelah proses verifikasi itu, dana pinjaman pun disalurkan oleh eFishery kepada peternak ikan tersebut.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat mendorong peningkatan ketahanan pangan serta peningkatan nutrisi bagi jutaan keluarga di Indonesia, sehingga semakin banyak pelaku UMKM di sektor perikanan yang dapat meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidupnya lewat akses permodalan yang lebih baik,” sambung Andi.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.