Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah.jpg

Kesehatan

Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah

Salah satu dampak pandemi COVID-19 tak bisa dipungkiri turut dirasakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. Pasalnya stok darah di PMI semakin menipis akibat kurangnya masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darah mereka. Berangkat dari situasi ini, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto pun tergerak untuk membantu sesama, khususnya bagi yang membutuhkan darah. Oleh karena itulah ia mewajibkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk turut mendonorkan darahnya.

Hal ini disampaikan Uus ketika dirinya menghadiri kegiatan donor darah di kantor Kelurahan Meruya Utara pada 30 September 2020. Di mana dalam kegiatan tersebut, ia berdialog dengan mantan Wali Kota Jakarta Barat yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi terkait situasi stok darah di wilayah Ibu Kota di masa pandemi COVID-19.

Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah .jpg

Menurut Rustam Effendi, stok darah yang semakin menipis di PMI DKI Jakarta dipicu pandemi COVID-19 serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Kedua aspek ini tentu saja mempengaruhi ruang gerak masyarakat sehingga PMI DKI Jakarta memang harus menggunakan metode jemput bola dengan bekerjasama berbagai pihak. Contohnya adalah kegiatan donor darah di Kelurahan Meruya Utara ini juga atas kerjasama PMI DKI Jakarta dan Demo Care dan diikuti oleh 150 pendonor.

[Baca Juga: Stok Darah Menipis, PMI Jakarta Utara Gelar Dondarela]

“Saudara-saudara kita yang berada di rumah sakit mungkin sedang menunggu uluran tangan kita. Salah satu di antaranya yang membutuhkan darah. Sesuai yang disampaikan pak Rustam, saya instruksinya kepada seluruh kecamatan dan jajarannya agar melaksanakan donor darah,” tutur Wali Kota Jakarta Barat, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (30/9/2020).

Uus melanjutkan, donor darah merupakan kegiatan yang mulia dalam membantu sesama sehingga harus ada dukungan dari semua pihak. Selain instruksi mewajibkan para ASN untuk mendonorkan darahnya, Wali Kota Jakarta Barat sendiri sudah memiliki rencana untuk mengadakan kegiatan donor darah di kantornya pada 13 Oktober 2020. Dengan setidaknya ada 740 calon pendonor yang ikut kegiatan tersebut, Uus memandangnya masih sedikit dan ia meminta lebih banyak lagi organisasi yang ikut terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ini.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.