Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah.jpg

Kesehatan

Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah

Salah satu dampak pandemi COVID-19 tak bisa dipungkiri turut dirasakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta. Pasalnya stok darah di PMI semakin menipis akibat kurangnya masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darah mereka. Berangkat dari situasi ini, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto pun tergerak untuk membantu sesama, khususnya bagi yang membutuhkan darah. Oleh karena itulah ia mewajibkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk turut mendonorkan darahnya.

Hal ini disampaikan Uus ketika dirinya menghadiri kegiatan donor darah di kantor Kelurahan Meruya Utara pada 30 September 2020. Di mana dalam kegiatan tersebut, ia berdialog dengan mantan Wali Kota Jakarta Barat yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi terkait situasi stok darah di wilayah Ibu Kota di masa pandemi COVID-19.

Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah .jpg

Menurut Rustam Effendi, stok darah yang semakin menipis di PMI DKI Jakarta dipicu pandemi COVID-19 serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Kedua aspek ini tentu saja mempengaruhi ruang gerak masyarakat sehingga PMI DKI Jakarta memang harus menggunakan metode jemput bola dengan bekerjasama berbagai pihak. Contohnya adalah kegiatan donor darah di Kelurahan Meruya Utara ini juga atas kerjasama PMI DKI Jakarta dan Demo Care dan diikuti oleh 150 pendonor.

[Baca Juga: Stok Darah Menipis, PMI Jakarta Utara Gelar Dondarela]

“Saudara-saudara kita yang berada di rumah sakit mungkin sedang menunggu uluran tangan kita. Salah satu di antaranya yang membutuhkan darah. Sesuai yang disampaikan pak Rustam, saya instruksinya kepada seluruh kecamatan dan jajarannya agar melaksanakan donor darah,” tutur Wali Kota Jakarta Barat, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (30/9/2020).

Uus melanjutkan, donor darah merupakan kegiatan yang mulia dalam membantu sesama sehingga harus ada dukungan dari semua pihak. Selain instruksi mewajibkan para ASN untuk mendonorkan darahnya, Wali Kota Jakarta Barat sendiri sudah memiliki rencana untuk mengadakan kegiatan donor darah di kantornya pada 13 Oktober 2020. Dengan setidaknya ada 740 calon pendonor yang ikut kegiatan tersebut, Uus memandangnya masih sedikit dan ia meminta lebih banyak lagi organisasi yang ikut terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ini.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.