Bantu Proses Belajar Daring, Pemkot Bogor Resmikan Ruang Belajar Online.jpg

Pendidikan

Bantu Proses Belajar Daring, Pemkot Bogor Resmikan Ruang Belajar Online

Salah satu hambatan selama proses belajar jarak jauh di tengah masa pandemi COVID-19 ini adalah terkait gawai serta koneksi internet. Di mana para orangtua yang sebelumnya belum memberikan gawai untuk putra-putrinya, diharuskan untuk membelikan atau meminjamkan gadget mereka untuk proses belajar. Ini juga belum dihitung dengan kuota internet yang harus dikeluarkan bila rumah mereka belum ada akses internet. Dalam membantu keluarga yang berada di situasi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menginginkan adanya sinergi Ruang Belajar Online dengan program Jaringan Keluarga Asuh atau Jaga Asa.

Peresmian Ruang Belajar Online itu langsung dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya pada 7 Oktober 2020 di Warung Bandrek RW 05, Kelurahan Bondongan, Kecamatanan Bogor Selatan. Ia memandang Ruang Belajar Online Jabar Bergerak Kota Bogor ini dapat membantu para siswa-siswi yang kurang mampu untuk tetap mengikuti proses belajar jarak jauh di masa pandemi COVID-19.

Bantu Proses Belajar Daring, Pemkot Bogor Resmikan Ruang Belajar Online .jpg

In Shaa Allah ke depan kita sinergikan program Jaga Asa dengan Ruang Belajar Online agar bisa jalan bersama-sama. Karena memang kuncinya adalah sinergi. Jadi, Jaga Asa akan dibuat dan bisa menampung sumbangan gadget atau laptop,” ucap Bima Arya, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (7/10/2020).

Sekadar informasi, program Jaga Asa merupakan bentukan Pemkot Bogor dalam usahanya meringankan beban keluarga yang memang terkena imbas dari pandemi COVID-19, khususnya dampak ekonominya. Di mana target utamanya adalah mereka-mereka di Kota Hujan yang sudah tak mendapatkan penghasilan lagi serta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pihak Pemerinta Pusat, Provinsi, ataupun Pemkot Bogor.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW]

Dari sisi akses internet, Pemkot Bogor sebenarnya sudah memasang jaringan WiFi gratis di semua Rukun Warga (RW) Kota Hujan. Di mana langkah yang didukung DPRD Kota Bogor ini memang dilanjutkan untuk membantu proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19. Tapi alangkah baiknya bila Ruang Belajar Online dan program Jaga Asa disinergikan sehingga kelompok belajar yang kurang mampu di tingkat warga dapat turut dibantu dengan pengadaan sumbangan gawai.

Dari sisi keberadaan Ruang Belajar Online, orang nomor satu di Kota Bogor itu mempertimbangkan untuk melibatkan anggota Dasa Wisma yang berisikan ibu PKK, karang taruna, dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) untuk turut mengawasi. “Dasa Wisma itu dahsyat. Jika aktif maka anak-anak bisa dibimbing. Tinggal pastikan mereka menjalankan dan menjaga protokol kesehatan. Pengawasan yang dilakukan bisa melengkapi sistem yang telah dibangun,” pungkas Bima Arya.


Read More

Artikel Lainnya

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya

20210417_123323.jpg

Berita Kawasan

Pantauan Harga Kebutuhan Pangan di Pasar Tangerang selama Ramadan

20 April 2021, 12:09

Setiap Bulan harga jual di pasar mengalami kenaikan. Seperti saat ini, di Bulan Ramadan harga pasar pun kerap mengalami kenaikan. Kenaikan harga cukup membuat beberapa pedagang mengalami keluhan.


Comments


Please Login to leave a comment.