Bantu Restorasi Arsip Pasca Banjir, Pemkot Jakarta Utara Jemput Bola

Berita Kawasan

Bantu Restorasi Arsip Pasca Banjir, Pemkot Jakarta Utara Jemput Bola

Banjir Jakarta yang sempat menggenangi sejumlah titik di Ibu Kota saat ini sudah surut tapi tetap meninggalkan duka serta rasa kehilangan untuk para warga yang terdampak bencana tersebut. Salah satunya adalah mengenai dokumen serta arsip penting mereka contohnya kartu keluarga yang rusak akibat terendam banjir. Oleh karena itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara pun memutuskan untuk melakukan strategi jemput bola dalam membantu restorasi arsip para warganya pasca banjir Jakarta.

Program restorasi ini dilaksanakan Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Perpusip) Jakarta Utara. Di mana staf suku dinas tersebut akan melakukan pelayanan keliling untuk restorasi serta digitalisasi arsip para warga yang sempat terdampak banjir Jakarta 2020. Menurut pihak suku dinas, langkah ini penting guna menyelamatkan berbagai dokumen penting milik warga.

Bantu Restorasi Arsip Pasca Banjir, Pemkot Jakarta Utara Jemput Bola

“Kami memberikan pelayanan restorasi dokumen atau perbaikan, serta digitalisasi atau yang umumnya dikenal sebagai scanning. Sehingga warga dapat memegang salinan digital dari dokumen penting mereka yang mungkin di masa mendatang dibutuhkan, tutur Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sudin Perpusip Jakarta Utara Hendy Setiawan, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (6/1/2020).

Menurut Hendy, dokumen yang siap dibantu restorasi oleh pihaknya adalah arsip seperti akta nikah, ijazah, sertifikat tanah, serta berbagai surat berharga lainnya. Dengan fokus utamanya adalah untuk memperbaiki dokumen penting yang terdampak air banjir sehingga perlu dibersihkan atau diperbaiki jika sobek.

[Baca Juga: ANRI Siapkan Layanan Restorasi Gratis Arsip Keluarga Korban Banjir]

Plt Kepala Sudin Perpusip menjelaskan untuk dokumen yang sobek, pihaknya memiliki semacam perekat khusus yang mampu membuat arsipnya terekat kembali secara kuat tanpa merusak kualitasnya. Dengan dirinya yang menambahkan, pihaknya terus menunggu warga untuk datang ke Sudin Pusip untuk digitalisasi dokumen penting serta arsip mereka sebagai langkah antisipasi untuk pegangan demi mencegah terjadinya kerusakan atau bahkan hilang di lain waktu.

Program restorasi ini dari Sudin Perpusip Jakarta Utara ini disebut sudah digelar sejak awal pekan ini sampai 22 Januari 2020. Dengan para staf Sudin Pusip mengunjungi delapan kelurahan di Jakarta Utara yang diketahui terkena dampak bencana banjir Jakarta. Kelurahan itu terdiri dari Sukapura (7-8 Januari 2020), Semper Timur (9-10 Januari 2020), Rorotan (11-12 Januari 2020), Kelapa Gading Barat (13-14 Januari 2020), Kelapa Gading Timur (15-16 Januari 2020), Pegangsaan Dua (17-18 Januari 2020), Penjagalan (19-20 Januari 2020), Kapuk Muara (21-22 Januari 2020).

[Baca Juga: Kadisdik DKI Jakarta Izinkan Siswa Korban Banjir Tidak Berseragam]

Namun ada catatan khusus terkait syarat mengenai dokumen penting apa yang akan mereka bantu restorasi. “Kita tidak melayani jika arsip yang dibawa warga bukan arsip asli. Petugas hanya memperbaiki dan digitalisasi arsip asli. Begitu pun dokumen kependudukan yang tidak kita layani melainkan hanya diarahkan untuk ke pelayanan Sudin Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Jakarta Utara,” imbuh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sudin Pusip Jakarta Utara Etty Sufianti.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 1 month, 2 weeks lalu
    kelly

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. sudah bosan dgn Bonus Freebet ? Kami sediakan bonus terbaru kita yaitu BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K. apakah masih bisa ambil bonus yang lain ? masih bisa ambil bonus yang lain guys seperti ambil BONUS WELCOME CASHBACK 100% bisa di gabung dgn BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5%. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE