Bantu Warga Hadapi PSBB Depok, Kelurahan Ini Dirikan Dapur Umum

Berita Kawasan

Bantu Warga Hadapi PSBB Depok, Kelurahan Ini Dirikan Dapur Umum

Tak bisa dipungkiri dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Depok demi tekan penyebaran COVID-19 juga turut memiliki dampak bagi para warganya. Pasalnya, tak sedikit yang harus kehilangan mata pencahariannya akibat kebijakan ini. Hal inilah yang mendorong pihak Kelurahan Mekarsari dan para warganya tergerak untuk membantu sesama yang terdampak PSBB Depok. Di mana mereka mendirikan dapur umum untuk nantinya paket-paket makanannya akan dikirimkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Selain pihak kelurahan serta masyarakat setempat, dapur umum di Kelurahan Mekarsari juga dikelola bersama dengan Mako Brimob Depok. Dapur umum tersebut sudah didirikan di awal pekan ini, tepanya pada 14 April 2020. Untuk lokasinya sendiri, dapur umum ini tepat berada di Lapangan RW 12 Kelurahan Mekarsari.

Bantu Warga Hadapi PSBB Depok, Kelurahan Ini Dirikan Dapur Umum

Dengan usaha bahu-membahu dari semua pihak, dapur umum ini disebut mampu membuat masakan untuk 500 porsi setiap harinya. “Pendirian dapur umum dilakukan untuk meringankan beban warga sekitar yang terdampak COVID-19 dari pelaksanaan PSBB Depok,” jelas Lurah Mekarsari Iqbal Faroid, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (17/4/2020).

Cara mendistribusikan ratusan paket makanan ini pun sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak Kelurahan Mekarsari demi memastikan tidak memicu antrean atau perkumpulan warga yang malah dapat berpotensi menyebarkan Virus Corona. “Pendistribusian dilakukan melalui Ketua Kampung Siaga COVID-19 ke rumah warga agar lebih efektif dan menghindari kerumunan,” sambung Iqbal.

[Baca Juga: Dukung PSBB, PMI Kota Depok Sediakan 500 Porsi Makanan Setiap Hari]

Melihat inisiatif pihak Kelurahan Mekarsari serta Makob Brimob Depok, Wali Kota Depok Mohammad Idris pun melakukan kunjungannya ke dapur umum tersebut pada 18 April 2020. Pada kunjungan ini, orang nomor satu di Kota Belimbing itu juga menyempatkan diri untuk mengulurkan bantuan sembako serta masker kepada pengelola dapur umum.

“Semoga dapat menambah bantuan untuk masyarakat. Dapur umum ini dapat memproduksi 500 porsi makanan per hari, sehingga bisa meringankan warga terdampak COVID-19,” sebut Mohammad Idris (18/4/2020).

Wali Kota Depok itu juga mengingatkan terkait distribusi paket-paket makanan ke rumah warga yang sesuai dengan apa yang dilakukan pihak Kelurahan Mekarsari. “Jangan sampai ada kerumunan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Maka bantuan sebaiknya diserahkan ke masing-masing rumah,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.