Bantu Warga yang Terdampak JIS, Pembangunan Kampung Susun Bayam Dicanangkan.jpg

Properti dan Solusi

Bantu Warga Sekitar JIS, Pembangunan Kampung Susun Bayam Dicanangkan

Kehadiran stadion terbaru kebanggaan warga Ibu Kota, yakni Jakarta International Stadium atau JIS tak luput sempat memicu duka bagi keluarga yang tinggal di lebih dari 300 bangunan semi permanen yang harus dibongkar demi proyek JIS. Di mana tak sedikit di antara warga Kampung Bayam itu terpaksa tinggal selama berbulan-bulan di dalam bedeng yang dibangun di area rel kereta dekat JIS. Dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang sempat menjanjikan akan menghadirkan pemukiman yang layak sebagai pengganti rumah mereka yang tergusur. Pada akhir pekan kemarin, janji itu pun mulai direalisasikan.

Pada 7 Mei 2022 Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo atau Jakpro memulai proses ground breaking pembangunan Kampung Susun Bayam di wilayah Pademangan Jakarta Utara. Pembangunan ini disebut pihak Jakpro ditujukan bagi warga Kampung Bayam yang terdampak protek pembangunan Jakarta International Stadium dan ini sesuai dengan sosialisasi mengenai Resettlement Action Plan yang dilakukan pada pertengahan tahun 2019 silam.

Bantu Warga yang Terdampak JIS, Pembangunan Kampung Susun Bayam Dicanangka n.jpg

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam pencanangan pembangunan Kampung Susun Bayam ini dan memastikan ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan warganya tidak mengalami penurunan kualitas hidup akibat penggusuran. “Hari ini, kita mulai babak baru untuk peletakan batu pertama pencanangan Kampung Susun Bayam. Proses pembangunan memang ada urutannya. Ketika proses tersebut, bagi yang menjalani akan terasa lama, tapi sesudah nanti terbangun akan menjadi sebuah tempat bapak/ibu menorehkan sejarah panjang di masa depan,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (7/5/2022).

[Baca Juga: Tinjau Progres JIS, Anies: Stadion Ini Bisa Digunakan di Berbagai Kondisi]

Jika sesuai rencananya maka Kampung Susun Bayam yang memiliki luas 11,8 hektar ini akan rampung pada September 2022 dan memiliki tiga gedung dengan empat lantai. Di mana hunian ini ditujukan untuk 135 kepala keluarga serta tiga unit khusus untuk warga difabel sehingga totalnya 148 unit. Di setiap unitnya, luas ruangannya adalah 36 meter persegi yang dilengkapi dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluargam dan balkon untuk menjemur pakaian. Dari sisi konsepnya sendiri adalah mezzanine dengan setiap lantai memiliki dua lantai fungsional. Tak lupa di kampung susun ini juga nantinya tersedia ruang unit untuk usaha para warga, koperasi, gudang, musala, taman kanak-kanak, perpustakaan, aula serbaguna, toilet umum, dan ramp difabel.

“Bukan hanya hunian, tetapi penghidupannya direncanakan dengan melibatkan semua. Nantinya yang berprofesi sebagai petani dapat meneruskan profesinya, sehinga menjadi contoh di samping stadion bertaraf internasional, berdampingan dengan masyarakat petani perkotaan,” tambah Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.