Bantu Masyarakat Selama Pandemi, Pemkab Bekasi Dirikan Dapur Umum

Berita Kawasan

Bantu Warga Selama Pandemi, Pemkab Bekasi Dirikan Dapur Umum

Pemerintah Kabupaten Bekasi mendirikan dapur umum di enam kecamatan yang termasuk zona merah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bekasi. Tujuan didirikannya dapur umum tersebut tak lain memberi bantuan kepada masyarakat sekitar selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung.

“Dapur umum ini kita dirikan di enam kecamatan yang masuk zona merah, dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar selama masa PSBB di Kabupaten Bekasi,” tutur Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dilansir dari humas.bekasikab.go.id (16/4/2020).

Adapun enam kecamatan yang dimaksud adalah Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Utara, Cikarang Selatan, Cikarang Barat, dan Cikarang Pusat. Dapur umum di Kecamatan Tambun Selatan berlokasi di Gedung Juang Tambun.

Bantu Masyarakat Selama Pandemi, Pemkab Bekasi Dirikan Dapur Umum

Mekanisme pembagian makanan dari dapur umum, dijelaskan Eka, akan melibatkan tim Perlindungan Masyarakat (Linmas). Nantinya, Linmas mengantarkan makanan ke rumah masing-masing warga.

Tak semua warga akan mendapatkan makanan dari dapur umum. Linmas hanya akan membagikan makanan berdasarkan data yang sudah diterima oleh Pemkab Bekasi dari Kepala Desa, RW maupun RT. Eka juga menuturkan alasan pembagian makanan dengan sistem diantar agar tidak menimbulkan kerumunan.

Sementara itu, terdapat lumbung pangan yang dipusatkan di tempat-tempat beribadah di wilayah Kabupaten Bekasi lainnya yang tidak termasuk zona merah.

“Lumbung pangan ini juga menerima bantuan dari masyarakat, nantinya akan diberikan lagi kepada masyarakat yang tidak ter-cover oleh bantuan pemerintah,” jelas Eka.

[Baca Juga: Permudah Masyarakat, Pemkab Bekasi Sediakan Pasar Online]

Sebelumnya, Pemkab Bekasi melalui Dinas Perdagangan juga meluncurkan pasar online untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan makanan selama PSBB. Pemkab Bekasi menggandeng pedagang-pedagang di pasar tradisional dalam menjalankannya. Pasar online dapat diakses melalui laman pasaronline.bekasikab.go.id.

Masyarakat dapat memesan berbagai bahan makanan dengan cara menghubungi nomor pedagang yang tertera di laman tersebut. Selanjutnya, koordinator pasar akan mengantarkannya ke rumah pembeli dan pembayaran dilakukan secara tunai.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa]

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian, Evaluasi dan Promosi Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Helmi Yenti menuturkan, adanya pasar online dapat membantu pedagang tradisional dalam menjalankan mata pencahariannya. Ia berharap, pedagang pasar tradisional tetap mampu bersaing dengan pasar modern.

Sekadar informasi, hingga Kamis, 16 April 2020 terdapat 50 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bekasi. Sebanyak 14 di antaranya sembuh, 8 orang meninggal dunia, 13 orang dirawat di rumah sakit, dan 15 lainnya melakukan isolasi secara mandiri.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 514 orang, dan Orang Dalam Pemantauan ( ODP) 1.650 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.