Bependa Berupaya Melayani Pembayaran PBB dengan Mobil Keliling

Berita Kawasan

Bapenda Berupaya Melayani Pembayaran PBB dengan Mobil Keliling

Roda pembangunan di Kabupaten Tangerang sangat bergantung kepada Pajak Daerah. Karena Pajak Daerah menyumbang 64 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tiga jenis pajak dari sembilan Pajak Daerah yang ada, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pajak BPHTB dan Pajak Restoran merupakan andalan Pemerintah Kabupaten Tangerang terutama PBB.

Melansir laman tangerangkab.go.id (28/06/2019), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Tangerang Somaatmaja mengatakan, pihaknya akan terus menggali potensi daerah melalui pajak bumi dan bangunan, tentunya selain pajak daerah lainnya untuk mendongkrak Penghasilan Asli Daerah.

[Baca Juga: Gubernur DKI Luncurkan Sistem Bayar Belanja & Pajak Online]

Soma menambahkan, salah satu upaya membangun kesadaran warga Tangerang untuk membayar PBB yakni melalui Pelayanan PBB Keliling di setiap desa atau kelurahan yang berbentuk Mobil Keliling. Layanan ini baru dimulai hingga tiga bulan ke depan yang dioperasikan Bapeda Kabupaten Tangerang dan Bank BJB sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

“Selain menjemput bola, kami pun sudah memiliki inovasi pembayaran PBB yang dapat dilakukan di kantor- kantor Cabang Bank BJB di seluruh Indonesia, Gerai Alfamart dan Indomaret, ATM dan Kantor Pos di seluruh Indonesia," jelas Soma yang juga mantan Kadis Kominfo.

[Baca Juga: Kebijakan Pembebasan PBB-P2 Diapresiasi Wapres RI ke-6]

Kepala Bidang PBB dan BPHTB Dwi Chandra Budiman menambahkan, Penghasilan Asli Daerah (PAD)  Kabupaten Tangerang merupakan jiwa semangat pembangunan yang menggeliat di Kabupaten Tangerang khususnya di sektor PBB dan BPHTB. "Pajak merupakan potensi untuk membangun daerah, untuk itu kita terus melayani masyarakat dengan senang hati dan nantinya bermuara kepada kepentingan rakyat," ungkap Dwi Chandra Budiman.

Ke depan sedang dibuka kemungkinan pembayaran PBB melalui e-commerce seperti Bukalapak. Semoga berbagai cara pembayaran ini dapat memudahkan masyarakat untuk melunasi kewajibannya sekaligus menjaga asetnya. "Ini terobosan baru dari kami, sehingga memudahkan masyarakatnya dalam membayar pajak mengikuti tren industri 4.0," tutup Dwi yang mampu menembus target PBB tahun 2018 sebesar 122,77 persen.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.