Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Properti dan Solusi

Basmi Kuman di Rumah, Kenali Beda Membersihkan dan Mendisinfeksi

Selama Pandemi COVID-19, seruan mencuci tangan hampir setiap hari ditemukan. Anda mungkin melihat seruan itu di situs media online, iklan layanan masyarakat di televisi, atau media lainnya. Namun tak hanya tangan yang perlu dicuci, rumah pun harus dibersihkan untuk mengusir kuman. Lalu apa sebenarnya perbedaan membersihkan permukaan perabot atau benda di rumah dengan mendisinfeksinya? Apa hasil yang didapatkan ketika seseorang menyemprot cairan disinfektan ke permukaan suatu benda?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat memberikan panduan untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan benda di rumah para suspect maupun orang yang positif menderita COVID-19. Meski ditujukan pada mereka, hal ini juga penting untuk dipahami dan dipraktikkan demi mencegah penyebaran virus di rumah.

[Baca Juga: Tekan Sebaran COVID-19, Pemprov DKI Semprot Disinfektan di 5 Wilayah]

Perlu Anda ingat bahwa SARS-CoV-2 merupakan virus dan termasuk dalam kategori kuman. Membersihkan permukaan berbagai benda di rumah Anda berarti menghilangkan kuman dan kotoran dari permukaan tersebut. Dengan membersihkan, bukan berarti membunuh kuman. Namun, aktivitas membersihkan mampu mengurangi jumlah kuman di permukaan dan menurunkan risiko penyebaran infeksi dari virus.

Lain halnya dengan membersihkan, CDC menjelaskan mendisinfeksi berarti membunuh kuman di permukaan dengan bahan kimia. Proses ini dilakukan setelah permukaan tersebut dibersihkan.

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemprov DKI Disinfektan di 5 Wilayah

Cara Membersihkan dan Mendisinfeksi

Mengutip New York Times (23/03/2020), membersihkan permukaan yang sering disentuh di rumah sebaiknya dilakukan setiap hari. Dianjurkan pula menggunakan sarung tangan saat melakukannya.

Untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh di rumah, Anda disarankan menggunakan campuran air dan detergen atau sabun. Setelah itu, barulah mendisinfeksinya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Bersihkan Sekolah dan RPTRA dengan Disinfektan]

Tidak perlu khawatir, CDC juga memberi tips membuat cairan disinfektan yang bahannya dapat Anda temukan dengan mudah. Cairan disinfektan dibuat dengan cairan pemutih pakaian. Caranya, campurkan lima sendok makan pemutih dengan satu galon air atau empat sendok teh pemutih per satu liter air.

Lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia, mungkin Pointers mengenal merek Bayclin sebagai pemutih pakaian. Spesialis Kulit dan Kelamin Nahla Shihab dalam akun instagramnya menyarankan untuk mencampur 95 ml Bayclin dengan 905 ml air untuk menghasilkan 1000 ml larutan disinfektan. Setelah larutan itu jadi, Anda dapat menyemprotkannya ke permukaan benda atau perabot di rumah.

3. Produk Bersih-bersih

Permukaan Apa yang Dimaksud?

Permukaan-permukaan berikut disarankan untuk Anda bersihkan dan mendisinfeksinya.

  1. Gagang pintu
  2. Saklar lampu
  3. Gagang kulkas
  4. Remot televisi
  5. Meja makan
  6. Meja di dapur yang biasa digunakan untuk memasak
  7. Keran

Jika ada permukaan benda lain yang sering Anda sentuh, disarankan pula untuk membersihkan dan mendisinfeksinya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.