Batal Berangkat, Calon Jamaah Haji Kota Batu Diminta Ambil Hikmahnya

Berita Kawasan

Batal Berangkat, Calon Jamaah Haji Kota Batu Diminta Ambil Hikmahnya

Keberangkatan haji untuk Para calon jemaah haji (CJH) 2020 Kota Batu yang akan diberangkatkan mulai 26 Juni 2020 ditunda hingga 2021. Pasalnya, pihak Kerajaan Arab Saudi masih menutup dua pintu masjid: Makkah-Madinah. Surat keputusan buka gerbang dari negara pimpinan wangsa Salman bin Abdulaziz Al-saud belum juga turun.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu Drs Nawawi menyatakan bahwa para calon jamaah haji yang terdaftar di Kemenag Batu untuk tahun 2020 diminta bersabar. Pengunduran waktu pelaksanaan rukun Islam kelima tersebut juga berlaku untuk kuota haji di semua daerah.

Batal Berangkat, Calon Jamaah Haji Kota Batu Diminta Ambil Hikmahnya

"Untuk sementara CJH Batu yang berjumlah 179 harus bersabar. Sebab, keberangkatan ditunda sampai 2021," ujar Nawawi.

Melansir laman Malangtimes.com (03/06/2020), pengunduran kebarangkatan ke Tanah Suci itu tertuang dalam surat edaran Kementerian Agama RI nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji 1441 H atau pada 2020. Itu artinya, setiap warga negara Indonesia yang hendak menunaikan ibadah haji Tahun 2020 termasuk WNI yang mendapatkan undangan atau memperoleh visa khusus dari dua kota suci Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawarah juga diundur keberangkatannya.

[Baca Juga: Pemberangkatan Pertama Tenaga Kesehatan Jemaah Haji]

Sebelumnya, pihak Kemenag pusat punya tiga opsi di saat krisis haji 2020. Yaitu: pertama, haji dilakukan secara normal sesuai kuota dengan prosedur kesehatan.

Kemudian, opsi kedua pelaksanaan ibadah haji dengan dibatasi kuota di saat imbauan pemerintah physical distancing saat Pandemi Covid-19. Lalu, ketiga, menjatuhkan putusan menunaikan ibadah haji pada 2020 dibatalkan.

Nawawi mengungkapkan keberangkatan 179 calon jamaah haji di Kemenag Batu ditunda sampai pada 2021. Kondisi ini mengacu pada surat edaran Kemenag dengan menimbang otoritas kerajaan Saudi yang belum juga memastikan akses pelaksanaan kegiatan haji selama wabah COVID-19.

[Baca Juga: Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Musim Haji 2019]

Dirinya melanjutkan, dengan kondisi seperti ini calon jamaah haji diharapkan bisa mengambil hikmahnya. Di antara hikmahnya, lebih belajar menanamkan sifat tenang dan bersabar. Sebab, di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW itu tentu para jamaah tidak hanya diuji ketahanan fisik, tetapi juga kematangan psikologis dalam menapaktilasi ritme ibadah yang penuh nuansa bunga rampai sejarah. Kedua, mempersiapkan pola pikir yang bijak juga menjiwai rukun-rukun ibadah haji lebih mendalam.

"Begitu pun dengan pihak penyelenggara haji agar lebih matang. Agar pelaksanaan kegiatan program ibadah ke tanah yang punya sumber zamzam itu lebih sempurna. Semoga mendapati julukan haji mabrur hingga kembali ke Tanah Air," ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.

94171381_l.jpg

Hobi dan Hiburan

Tayangan Netflix Dapat Diakses Oleh Pelanggan Jaringan TelkomGroup

08 July 2020, 17:01

Pembukaan akses ini akan memungkinkan pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id mengakses konten-konten Netflix.


Comments


Please Login to leave a comment.