Batasi Pengunjung, Harga Tiket Tempat Wisata di KBB Dinaikan

Berita Kawasan

Batasi Pengunjung, Harga Tiket Tempat Wisata di Bandung Barat Naik 30%

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi membuka kembali tempat wisata pada Sabtu, 13 Juni 2020. Pembukaan tempat wisata tersebut dilakukan menyusul kebijakan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) atau New Normal di wilayah KBB.

Untuk meresmikan dibukanya kembali kawasan wisata, Pemerintah KBB juga telah menerbitkan Surat Edaran No.556/1563-Disparbud, tentang Pembukaan Tempat Usaha Wisata di Kabupaten Bandung Barat. Dalam surat edaran tersebut, selain mengimbau agar manajemen tempat wisata menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, tempat wisata juga hanya diizinkan maksimal menerima 30 persen wisatawan dari total kapasitas.

[Baca Juga: Daop 2 Bandung Kembali Operasikan Kereta Api Jarak Jauh]

"Komitmen itu sudah ditandatangani oleh seluruh pengelola objek wisata. Jadi kalau melanggar ya konsekuensinya harus bersedia menutup usahanya. Sebab kami tidak ingin akibat kelalaian dan tidak memperhatikan protokol kesehatan muncul klaster penyebaran baru di KBB," ujar Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.

Salah satu cara untuk membatasi jumlah pengunjung kata Umbara, bisa dengan menaikkan harga tiket masuk ke objek wisata. Tidak tanggung-tanggung, Umbara meminta agar pengelola tempat wisata menaikan harga tiketnya sebesar 30 persen di masa pandemi COVID-19.

Pemkab Bandung Barat Siapkan Rumah Isolasi Bagi Warga Luar Daerah

"Betul kita sepakati kenaikan harga tiket objek wisata 30 persen, mungkin untuk dua bulan ini. Itu juga biar membatasi jumlah pengunjung. Harapannya pengunjung tidak terlalu banyak," tambahnya.

Untuk wisatawan, nantinya yang boleh berkunjung ke objek wisata di KBB hanyalah wisatawan lokal Jawa Barat. Sedangkan untuk protokol kesehatan, pengelola wisata harus menyiapkan fasilitas cuci tangan serta menyemprotkan disinfektan di fasilitas publik setiap 4 jam sekali.

[Baca Juga: Kota Bandung Siap Buka Kembali Rumah Ibadah]

Umbara mengatakan, pihaknya akan terus memantau situasi pasca dibukanya kembali tempat wisata di wilayah KBB. Ia juga mengaku pihaknya telah bekerja sama dengan Koramil dan Polsek dalam memonitor guna menghindari membludaknya wisatawan dan diabaikannya protokol kesehatan

"Di samping menjaga dan memantau di lokasi, ketika terjadi kerumunan tentunya, Kapolsek dan juga Danramil menginstruksikan objek wisata mana yang ditarik. Jadi harus cekatan juga," ucap Umbara.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 year, 11 months lalu
    anisa

    kalu #dirumahaja pastinya lagi jenuh dan bosan sekali di masa pandemi corona ini ya guys? tetap tenang dan kuasai keadaan dgn buka google lalu cari atau search QQHarian lalu mainkan berbagai gamenya utk melawan rasa jenuh dan bosan anda.

  • Suki 1 year, 11 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys.....

  • Emma 1 year, 11 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>