Batavia Books Sumber Literatur Otomotif Masa Lampau

Hobi dan Hiburan

Batavia Books Sumber Literatur Otomotif Masa Lampau

Gelaran Saturday French Automobile Meet-Up (SFAM) kedua sukses digelar pada 19 Oktober 2019 silam. Jika pada acara perdana digelar di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, maka kali ini SFAM 2019 digelar di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Bahkan acara ini dihadiri oleh salah satu perwakilan dari Kedutaan Besar Perancis di Indonesia.

Batavia Books Sumber Literatur Otomotif Masa Lampau

Tak hanya berhasil menampilkan lebih dari 100 mobil lintas generasi buatan Prancis, yaitu Peugeot, Renault, dan Citroën, namun event kali ini juga dimeriahkan dengan sejumlah konten menarik. Mulai dari display mobil klasik dan langka, live music, test drive, hingga berbagai bursa jual-beli. Tentu saja beragam hal unik yang dapat ditemui dalam event SFAM 2019 ini, salah satunya di ajang jual-beli.

[Baca Juga: Persiapan Jelang Saturday French Automobile Meet-up 2019]

PingPoint.co.id sempat mendatangi sebuah stan bursa jual-beli di SFAM 2019 ini, yaitu Batavia Books. Stan ini menjajakan segala buku, literatur, printed material serta aksesori memorabilia yang berhubungan dengan dunia otomotif, baik mobil maupun motor. Khususnya pada event SFAM kali ini, ia memboyong sejumlah buku, literatur, katalog, potongan halaman iklan, hingga foto lawas yang tentunya terkait dengan dunia otomotif Perancis.

Batavia Books Sumber Literatur Otomotif Masa Lampau

“Saya sudah mengumpulkan segala buku dan literatur kendaraan sejak masa kuliah, sekitar tahun 1976. Saya memperolehnya dari sesama kolektor dengan sistem dengan barter. Kalau beli, kebanyakan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah," terang pemilik Batavia Books Muchlis Amir. Pria berdarah Sumatra Barat ini juga mengumpulkan bermacam buku manual, peta perjalanan serta info peraturan lalu lintas terbitan era sebelum Kemerdekaan.

Di event SFAM 2019 ini, pria kelahiran tahun 1952 ini membawa sejumlah buku manual dan banyak potongan iklan dari majalah lokal maupun internasional yang berhubungan dengan kendaraan Peugeot, Renault, dan Citroën. “Buku manual dan sejenisnya tidak hanya cukup dengan dimiliki saja, tetapi juga untuk diketahui sejarah mengenai suatu model kendaraan,” imbuh Muchlis.

[Baca Juga: Sebelum Bisnis Barang Bekas, Ketahui Istilah Preloved dan Garage Sale]

Dirinya mengaku pengunjung acara SFAM memiliki antusiasme yang cukup besar terhadap koleksi yang dimiliki Batavia Books. "Banyak yang melihat dan mengenang masa-masa lalu. Bahkan tak sedikit pula yang langsung membeli potongan iklan atau brosur kendaraan, karena mereka memang memiliki kendaraan aslinya,” tutup pria berkacamata ini.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.