Batik Bekasi Berpartisipasi di West Java Chrafhastival 2019

Bisnis

Batik Bekasi Berpartisipasi di West Java Chrafhastival 2019

Pengusaha batik khas Bekasi turut memamerkan karyanya di ajang West Java Crafhastival-Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2019 yang diadakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di di Gasibu Gedung Sate, Kota Bandung. Kegiatan yang menampilkan beragam kerajinan ini telah berlangsung selama tiga hari yaitu mulai sejak tanggal 25-27 Oktober 2019.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil, Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih, Vice President of Record Holder Republic Lia Mutisari, perwakilan seluruh Wali Kota atau pun Bupati se Jawa Barat, beserta unsur Muspida Jawa Barat.

[Baca Juga: Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal]

Ridwan Kamil mengatakan dalam sambutannya, kegiatan pekan kerajinan Jawa Bawat ini berlangsung sebagai bukti jika Jawa Barat kaya akan budaya dan memiliki kreativitas yang tinggi. Pasalnya dalam kegiatan ini ada 24 Kabupaten/Kota yang bergabung, kemudian ada 11 UKM pendukung, 25 stan kuliner, dan 10 stan week and market, ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pengusaha batik khas Bekasi Sri Sugiarti turut berpartisipasi pada ajang ini. kehadiran batik Bekasi karyanya pada ajang PKJB kali ini, merupakan salah satu upayanya untuk mempromosikan batik khas Bekasi. Menurutnya, banyak masyarakat luas yang masih belum mengetahui jika Kabupaten Bekasi ternyata memiliki batik khas.

[

[Baca Juga: Remaja Ini Wakilkan Kota Bekasi di Lomba Membatik Tingkat Nasional]

Menurut humas.bekasikab.go.ig (26/10/2019) batik khas Bekasi memiliki keunikannya sendiri, batik khas Bekasi menggambarkan realitas sosial masyarakat yang sengaja diangkat sebagai upaya untuk mewujudkan nilai-nilai masyarakat Kabupaten Bekasi. “Kita di sini menonjolkan kearifan lokal Batik Kabupaten Bekasi, agar masyarakat juga bisa lebih mengenal batik khas Kabupaten Bekasi,” jelas Sri.

Bukan hanya berpartisipasi untuk memamerkan batik Bekasi, Kabupaten Bekasi juga turut dalam pagelaran mobil hias. Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi Puji Nugraha mengatakan, keikutsertaan Dekranasda kali ini memiliki tujuan untuk mempromosikan produk-produk daerah Kabupaten Bekasi. “Seperti mobil hias yang akan kami tampilkan ini, berbentuk keranjang yang memiliki filosofi bahwa Dekranasda adalah sebagai wadah promosi bagi IKM,” jelas Puji.

[Baca Juga: Pusat Batik & Seni Budaya Bekasi De'Bhagasasi Akan Segera Dibuka]

Produk unggulan Kabupaten Bekasi yang ingin ditonjolkan selain batik khas Bekasi adalah inovasi produk jam tangan yang dibuat dari batok kelapa. Sebelumnya produk ini berhasil mendapatkan perhatian di tingkat provinsi.

Puji melanjutkan, dengan keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Bekasi dalam acara ini, diharapkan produk-produk daerah Kabupaten Bekasi lainnya dapat dikenal. Mobil Hias Dekranasda Kabupaten Bekasi berhasil menyabet juara Harapan II.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.