Bawa Hewan Peliharaan di Mudik Lebara Ini Tips Pakar Kesehatan Hewan Unair.jpg

Hobi dan Hiburan

Bawa Hewan Peliharaan di Mudik Lebaran? Ini Tips Pakar Kesehatan Hewan Unair

Tahun ini akhirnya pemerintah memberikan lampu hijau untuk publik bisa merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman masing-masing. Di mana sejak beberapa hari terakhir, sudah mulai terlihat sejumlah orang sudah memanfaatkan jalur darat untuk bisa mudik lebaran bersama sanak saudara yang sebelumnya hanya bisa dilakukan secara daring akibat pandemi. Mengingat libur lebaran tahun ini terbilang panjang maka tak heran bila banyak masyarakat yang mudik lebaran turut membawa hewan peliharaan kesayangan masing-masing. Bila Anda berencana melakukan hal yang sama maka demi memastikan hewan kesayangannya sehat saat berangkat dan pulang dari mudik nanti, maka tips dari pakar kesehatan hewan Universitas Airlangga (Unair) ini dapat dicoba diterapkan.

Alasan utama biasanya membawa hewan peliharaan saat mudik adalah memastikan mereka tak kesepian di rumah dan akses makanan serta minuman tetap tersedia sehingga si pemilik demi memastikan kesehatan hewan kesayangannya maka peliharaannya juga ikut pulang kampung. Namun menurut klinisi kesehatan hewan Unair drh Triganita Intan Solikhah M.Si., stres dan kelelahan dapat menjadi kondisi yang dialami oleh hewan peliharaan selama perjalanan mudik.

Bawa Hewan Peliharaan di Mudik Lebaran Ini Tips Pakar Kesehatan Hewan Unair.jpg

Kondisi ini akan terjadi jika Anda sudah menyaksikan sejumlah gejala ini. “Gejalanya, yaitu diare, mual, muntah, pipis sembarangan, hingga lemas,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (25/4/2022).

Dalam mencegah hal ini, Intan memiliki sejumlah tips yang bisa Anda lakukan demi memastikan bukan hanya Anda saja yang sehat sampai di kampung halaman tapi juga anabul alias anak bulu yang ikut Anda mudik lebaran. Dengan tips pertama adalah memastikan Anda pergi saat sudah malam hari, karena menurutnya kondisi panas dapat membuat hewan peliharaan gelisah dan mudah stress, apalagi kucing yang disebut sensitif dengan suhu di siang hari.

[Baca Juga: Dari Tol Hingga Stasiun Kereta di Kota Bandung Siap Layani Pemudik]

Saat Anda mudik melalui jalur darat dengan mobil pribadi, Intan menyarankan agar setiap dua jam sekali Anda beristirahat sejenak agar tubuh Anda tidak cepat lelah serta hewan juga merasa nyaman. Tips selanjutnya terbilang penting untuk memastikan imunitas hewan peliharaan tetap terjaga selama mudik lebaran. “Vitamin dan vaksin sebaiknya diberikan pada hewan jauh sebelum perjalanan dilakukan. Itu untuk menghindari stres dalam perjalanan,” ucapnya.

Tips terakhir adalah bila perjalanan dengan mobil pribadi bisa memakan waktu hingga belasan jam atau lebih maka menurut Intan, ada baiknya memiliki metode kargo. Mengingat saat ini sudah ada layanan kargo yang memang membantu pengiriman hewan baik lewat jalur darat dan udara yang dirasa akan lebih singkat dibandingkan bila ikut mudik lebaran bersama Anda di mobil pribadi.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.