Puri Kembangan-Kawasan-Bazis Jakarta Barat Punya 2 Program Baru-Rachli.jpg

Berita Kawasan

Bazis Jakarta Barat Punya 2 Program Baru

Badan Amal Zakat Infaq dan Sedekah (Bazis) selaku lembaga non struktural Pemerintah Daerah di bidang pengumpulan dan pendayagunaan zakat dan shadaqoh ini memiliki berbagai program untuk kemaslahatan masyarakat. Antaranya Jakarta Peduli.

Namun, untuk 2019 ini Bazis juga memiliki dua program baru yakni Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) dan Eco Masjid.

"Untuk tahun 2019, selain Jakarta Peduli melalui program bedah rumah, kami juga memiliki program KMS dan Eco masjid. Program KMS nantinya tidak hanya fokus pada fisiknya, tapi juga memberdayakan manusianya," ujar Kepala Bazis Jakarta Barat Dedi Santosa di kawasan Kembangan, Jakarta Barat seperti dikutip barat.jakarta.go.id (16/1/2019).

Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) merupakan suatu konsep solusi pengentasan masyarakat dari kemiskinan berbasis empat komponen intervensi yang intensif lewat dana filantropi perusahaan. Program KMS adalah wujud nyata Pemprov DKI Jakarta dan Bazis DKI Jakarta dalam melaksanakan komitmen untuk mempercepat terciptanya kesejahteraan umat.

[Baca Juga: Persiapan di Rumah untuk Hadapi Musim Hujan]

Menurut Dedi, program Keluarga Mandiri Sejahtera ini nantinya lebih pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui empat komponen intervensi, yakni Pendidikan melalui Kegiatan Anak Pintar Mulia, Ekonomi melalui Usaha Mikro Intensif, Kesehatan melalui Bimbingan Hidup Sehat, dan Spiritual melalui Bimbingan Hidup Islami.

Program Keluarga Mandiri Sejahtera ini akan melibatkan pihak ketiga serta bantuan dari aparatur kecamatan dan kelurahan dalam memetakan keluarga prasejahtera di wilyahnya. "Nanti ada tim yang memetakan keluarga prasejahtera pada tiap RT dan RW. Target kami ada 12 kepala keluarga yang mendapatkan program ini," tutur Dedi.

Pengelolaan Masjid Berkelanjutan

Sedangkan program Eco Masjid adalah program pengelolaan masjid yang berkelanjutan melalui aktivitas memelihara lingkungan hidup dan sumber daya alam yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dakwah lisan dan aksi nyata secara terukur. Namun, program ini fokusnya lebih pada pengelolaan dan konservasi air, pengendalian sampah dan pengelolaan energi.

"Program ini lebih pada pengelolaan tata air di lingkungan masjid. Misalnya, pemanfaatan air hujan untuk bersuci (wudhu) serta buangan air wudhu yang tidak langsung terbuang ke saluran air. Dengan begitu, berarti bisa menghemat penggunaan air," ujar Dedi.

[Baca Juga: Bantu Korban Tsunami Banten, PKPU HI Sediakan Dapur Air]

Dedi berharap program Eco Masjid ini dapat menjadi masjid yang mempunyai kepedulian terhadap hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan untuk kehidupan berkelanjutan. program ini rencananya diterapkan pada masjid di wilayah Jakarta Barat dan menargetkan satu masjid per wilayah kecamatan.

"Program ini rencana kita terapkan pada masjid di wilayah Jakarta Barat. Target kami satu masjid per wilayah kecamatan," tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.