BAZNAS Bazis Kenalkan Program Z-Mart untuk Warung Kelontong

Bisnis

BAZNAS Bazis Kenalkan Program Z-Mart untuk Warung Kelontong

Badan Amin Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Administrasi Jakarta Selatan bersiap untuk meluncurkan Program Z-Mart (Zakat Mart). Kepala BAZNAS Bazis Kota Administrasi Jakarta Selatan Yasdar menjelaskan, program Z-Mart merupakan pemberian bantuan modal usaha dan renovasi warung kelontong yang ada di seluruh kelurahan di wilayah Jakarta Selatan.

Melansir dari dream.co.id, sejauh ini Baznas DKI Jakarta telah siap memberikan bantuan berupa modal, perlengkapan dagang, renovasi usaha senilai Rp5 miliar untuk 500 warung. Baznas mencatat terdapat 800 unit Zmart binaan Baznas Pusat yang tersebar di seluruh Indonesia. Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS akan melakukan pendampingan dan pelatihan sistem aplikasi Zmart yang dapat digunakan oleh para penerima manfaat.

[Baca Juga: Bazis Jakarta Barat Punya 2 Program Baru]

Yasdar menyebutkan, bulan Desember ini program Z-Mart sudah mulai dilaksanakan. Sehingga setiap kelurahan akan ada tiga warung kelontong yang menjual bahan-bahan pokok mendapatkan bantuan. “Jadi kita renovasi warungnya dan juga diberikan modal usaha," ucap Yasdar seperti yang dikutip dari selatan.jakarta.go.id (13/12/2019).

Yasdar melanjutkan, setiap warung kelontong akan mendapatkan bantuan dengan total sebesar Rp10 juta dan terbagi dalam bantuan untuk modal usaha dan juga renovasi warung. Bantuan tersebut terdiri dari Rp6 juta modal usaha berupa barang, dan Rp4 juta bantuan untuk renovasi warung.

Untuk Jakarta Selatan sendiri terdapat 195 warung kelontong yang diberikan modal usaha dan dana untuk renovasi warung miliknya. Yasdar menyebutkan, Z-Mart merupakan program yang digagas oleh BAZNAS. Dalam pelaksanaan, pihaknya berkoordinasi dengan masing-masing kelurahan terkait pendataan warung mana saja yang dapat diberikan bantuan dalam program ini.

[Baca Juga: Apresiasi Pelaku Usaha Warung, Warung Pintar Gandeng Mitra Tokopedia]

Yasdar juga mengatakan, terdapat kriteria tersendiri untuk memberikan bantuan terhadap warung, salah satunya adalah warung bukan berada di lokasi atau lahan sengketa atau di atas lahan pemerintah.

“Kami berkoordinasi dengan pihak kelurahan terkait data warung yang akan diberikan modal usaha. Kami juga akan monitoring langsung ke lokasi apakah layak atau tidak diberikan bantuan. Sampai saat ini sudah tercatat ada 90 warung yang akan diberikan bantuan modal usaha dan direnovasi warungnya," kata Yasdar.

Program Zmart diharapkan menjadi langkah awal untuk mengakomodir kebutuhan para pelaku usaha yang kurang mampu untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan usahanya lewat bantuan BAZNAS.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 7 months lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan SPESIAL KADO X’MAS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (DUPA88,Net) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘

  • Novita 2 years, 8 months lalu
    novita

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan BONUS DEPOSIT HARIAN++ hanya di (HOKI165,CO) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘