Baznas Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp3,3 Miliar

Berita Kawasan

Baznas Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp3,3 Miliar

Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandungmenyalurkan Rp3,3 miliar kepada para mustahik melalui Program Bandung Cerdas, Bandung Peduli, Bandung Taqwa, dan Bandung Makmur.

Dana tersebut merupakan dana yang terkumpul melalui zakat, infaq, dan sedekah para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga Kota Bandung yang dikelola oleh baznas Kota Bandung. Bantuan ini disalurkan dalam bentuk gerobak beserta modal usaha, beasiswa, uang pembinaan, dan bantuan biaya hidup.

Baznas Kota Bandung Salurkan Bantuan Rp3,3 Miliar

Atas hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku sangat bersyukur. Ia berharap, penyaluran bantuan ini akan terus menumbuhkan spirit dan semangat bagi Warga Bandung yang masih memiliki kesempatan, peluang, dan rezeki yang lebih untuk dapat meningkatkan zakat, infaq, dan sedekahnya.

“Zakat merupakan rukun Islam yang memiliki dimensi sosial yang sangat besar. Karena Islam mengajarkan umatnya untuk peduli terhadap sesamanya," kata Oded saat menghadiri acara Penyaluran Bantuan Program Bandung Cerdas, Bandung Makmur, Bandung Taqwa, dan Bandung Peduli Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung di Masjid Al Ukhuwah Bandung pada Senin, 30 November 2020.

[Baca Juga: Lazada dan BAZNAS Galang Dana untuk Lawan COVID-19 di Indonesia]

Wali kota mengeaskan bahwa dengan zakat, ekonomi umat Islam akan segera bangkit. "Tentunya akan berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi nasional,” Oded menambahkan seperti diberitakan humas.bandung.go.id.

Wali kota menuturkan, meski hingga kini Kota Bandung masih dilanda pandemi COVID-19, tapi ternyata semangat warga Bandung untuk berzakat semakin menyala. Bahkan menurut perhitungan Baznas Kota Bandung, berpotensi hingga mencapai Rp60 miliar.

Ia berharap, bantuan ini dapat memicu dan memacu para mustahik untuk terus berusaha dan bekerja keras agar dapat meningkatkan taraf hidupnya. Sehingga para mustahik bisa menjadi muzakki yang dapat membantu sesamanya.

Sementara itu, Plt. Ketua Baznas Kota Bandung, Hery Kuseri menjelaskan, Baznas Kota Bandung mendistribusikan zakat melalui empat program. Program tersebut, yaitu bantuan berupa biaya pendidikan (beasiswa) kepada siswa tingkat SMA pada program Bandung Cerdas, bantuan biaya berupa biaya hidup dasar pada program Bandung Peduli.

Sedangkan dua bantuan lainnya, yaitu bantuan berupa uang pembinaan guru mengaji pada program Bandung Takwa, bantuan berupa gerobak Pejuang Berkah, dan modal usaha pada Program Bandung Makmur.

Read More

Artikel Lainnya

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

Kuliner

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

25 January 2021, 18:35

Para tamu dapat menikmati masakan Tionghoa autentik dan hidangan khas Indonesia sekaligus sebagai pengalaman kuliner yang unik di restoran NSNTR.

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

Kesehatan

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

25 January 2021, 17:39

Mohammad Idris mengatakan, pencanangan kampanye plasma konvalesen ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

Bisnis

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

25 January 2021, 16:38

Sebanyak 380 ekor burung berkicau asal Ende, Nusa Tenggara Timur, gagal diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya .jpg

Hobi dan Hiburan

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya

25 January 2021, 15:41

Penyanyi solo Aldiv secara resmi merilis single perdananya yang berisi curahan hati mengenai cinta yang bertepuk sebelah tangan.


Comments


Please Login to leave a comment.