BBI Kota Depok Akhirnya Panen Cupang Alam

Berita Kawasan

BBI Kota Depok Akhirnya Panen Cupang Alam

Sejak bulan Juni Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok melakukan budidaya ikan cupang yang mendapatkan bantuan dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH). Ikan cupang alam yang selama ini sulit dikembangbiakkan berhasil melahirkan hingga 26 ekor ikan cupang. Kini, BBI Kota Depok bisa merasakan hasilnya. Membudidayakan ikan cupang hingga akhirnya berhasil melahirkan beberapa ekor anak cupang memiliki keuntungan tersendiri. Banyak peminat ikan cupang dari berbagai negara yang memburunya. Terlebih lagi jenis ikan cupang hias jenis serit (crown tail).

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Untuk budidaya ikan cupang alam BBI melakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana penunjang hingga akhirnya berhasil dikembangbiakkan. “Alhamdulillah, setelah kami melakukan budidaya sejak Juni, akhirnya ikan cupang alam bisa kita panen. Jumlahnya 26 ekor dari lima pasang indukan,” ujar Kepala BBI Kota Depok M Nur Hidayat seperti dilansir laman depok.go.id (26/09/2019).

Proses budidaya ikan cupang tersebut akan dijalankan hingga bulan Desember 2019 dengan target 1000 jenis ikan cupang alam. Saat ini, jenis ikan cupang yang dibudidayakan adalah Betta hendra, Betta channoides, Betta minniopina, Betta ocellata, Betta rubra, Beta patoti.

[Baca Juga: Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat]

Nur mengatakan, saat ini sebanyak 26 anak ikan cupang berada di bawah pengawasan Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sampai berukuran 2 cm. Anak ikan cupang dipisahkan dengan induknya untuk meminimalisir terjadinya kanibalisme. “Sekarang ada di BRBIH dulu (anakan cupang) untuk diobservasi apakah ada kelainan atau tidak. Nanti setelah berukuran kurang lebih 2 cm, baru dikembalikan lagi ke kami,” katanya.

Nur juga menyebut, untuk sepasang cupang alam bisa menghasilkan 20 ekor telur. Namun, apa pun bisa terjadi dalam perjalanan tingkat kematangan telur. “Dalam perjalanan, untuk tingkat kematangan benih berbeda-beda. Ada yang bertahan, ada juga yang mati. Kurang lebih 50 persennya hidup. Mudah-mudahan ke depan cupang alam yang bertahan bisa lebih banyak lagi,” tutupnya


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.