Pameran Seni Grafis Kelas Internasional Diselenggarakan Bentara Budaya Jakarta

Berita Kawasan

BBJ Selenggarakan Pameran Seni Grafis Kelas Internasional

Bentara Budaya adalah lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia. Selain di Jakarta, Bentara Budaya juga ada di Yogyakarta, Solo dan Bali. Bentara Budaya hingga kini masih aktif dalam pelestarian berbagai karya seni dan budaya di Indonesia.

Bentara Budaya memiliki gelaran kompetisi karya grafis yang dilakukan rutin setiap tiga tahun sekali yang bernama Triennial Seni Grafis Indonesia. Kompetisi ini diadakan sejak tahun 2003 untuk mendukung dan membantu perkembangan seni grafis di Indonesia. Kompetisi ini diharapkan menjadi salah satu pemicu perkembangan kualitas karya pegiat seni grafis Indonesia dan memperlebar cakrawala apresiasi para penikmat seni di tanah air secara berkesinambungan.

[Baca Juga: Keunggulan Sains & Teknologi Italia Dipamerkan di Museum Nasional]

Mengutip rilis bentarabudaya.com (12/4/2019), Triennial Seni Grafis Indonesia di tahun 2015 diperluas jangkauannya dengan menjadi kompetisi tingkat internasional. Tujuan perubahan tingkat kompetisi seni grafis ini untuk membangkitkan daya saing dan kualitas para pegrafis Indonesia agar mau dan mampu bersaing di ranah internasional, sekaligus untuk mewarnai dan mengisi keberagaman seni grafis dunia.

Kompetisi Internasional Triennial Seni Grafis memiliki standar yang mencakup empat teknis cetak dasar seni grafis, yaitu cetak tinggi, cetak dalam, cetak dalam dan cetak saring. Proses menciptakan karya seni grafis untuk mengikuti kompetisi ini dilakukan secara analog (non-digital), memiliki orisinalitas dan otentitas estetik berdasarkan yang tertulis dalam rilis bentarabudaya.com (12/4/2019).

[Baca Juga: Menjelajahi Museum MACAN nan ‘Instagramable’ di Jakarta Barat]

Dalam kompetisi internasional Triennial Seni Grafis VI-2018, sebanyak 307 karya grafis dari 166 peserta yang berasal dari 26 negara menyalurkan karyanya untuk diseleksi. Peserta dari 26 negara tersebut antara lain Argentina, Banglades, Nepal, Bosnia, Brazil, Bulgaria, China, Colombia, Mesir, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Moldova, Filipina, Polandia, Thailand, Korea Selatan, Amerika Serikat, Turki, Serbia, Kroasia, Singapura dan Kanada.

Pengumuman & Peresmian Pameran

Triennial Seni Grafis ke VI periode tahun 2018 ini sudah memasuki tahap akhir, yakni pengumuman pemenang akan berlangsung pada tanggal 24 April 2019 di Bentara Budaya Jakarta. Pengumuman pemenang kompetisi internasional ini bersamaan dengan peresmian pameran Triennial Seni Grafis VI yang dimulai pukul 19.30.

Pameran tersebut akan menampilkan karya dari 30 finalis Triennial Seni Grafis VI-2018, dengan tujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan ekspresi karya seni grafis kepada khalayak. Para finalis yang karyanya ditampilkan dalam pameran tersebut sebelumnya telah melalui proses penjurian, yaitu melalui seleksi 50 semi finalis dan dilanjutkan pemilihan 30 finalis.

[Baca Juga: Komunitas Salihara, Ruang Ekspresi Seniman di Jakarta Selatan]

Bagi Anda yang ingin melihat pameran karya seni grafis dari 30 finalis dari kompetisi internasional Triennial Seni Grafis VI-2018, bisa datang di malam pengumuman pemenang kompetisi ini yang sekaligus peresmian pameran di tanggal 24 April 2019.

Jika berhalangan jangan khawatir, karena pameran akan berlangsung pada tanggal 25 April hingga 5 Mei 2019 yang dibuka dari pukul 10.00-18.00 di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan No 17, Jakarta Pusat. Selain pameran, juga akan ada workshop Seni Grafis bersama Pemenang Triennial Seni Grafis VI pada 25 April 2019 di pukul 14.00-1700, Kelas Sketsa bersama Komunitas Sketcher Jakarta pada 27 April 2019 yang dimulai pukul 10.00 dan Kelas Kokoru bersama APP Sinarmas yang diikuti 100 anak SD se-DKI Jakarta pada 30 April 2019. Catat tanggalnya, ya.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.